Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyebaran HIV/AIDS di Karimun Mengkhawatirkan
Oleh : Redaksi
Kamis | 01-12-2011 | 15:55 WIB

KARIMUN, batamtoday - Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Karimun semakin mengkhawatirkan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya penderita maupun orang yang terjangkit virus mematikan itu.

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Karimun merilis data yang menunjukkan adanya peningkatan sejak tahun lalu hingga Oktober 2011 tercatat ada 192 kasus orang terjangkit HIV dan penderita AIDS sebanyak 121 kasus.

"Ada kenaikan kasus setiap bulannya, rata-rata 10 kasus," kata Erwan Muharuddin, Sekretaris KPA Kabupaten Karimun dalam rilisnya kepada batamtoday, Kamis (1/12/2011).

Erwan menyebutkan kondisi ini masuk dalam taraf mengkhawatirkan mengingat hampir semua orang bisa terjangkit virus mematikan ini. Selain itu, Erwan juga mengatakan kenaikan kasus itu juga dipicu dari rendahnya kesadaran para pelaku seks bebas untuk berperilaku seks aman.

"Media penularan adalah transaksi seksual yang tidak menggunakan alat pengaman seperti kondom," ujar dia.

Erwan mengaku pihaknya bersama pemerintah telah mencoba berbagai program untuk mengampanyekan bahaya HIV/AIDS ini, terutama dari sisi sosialisasi penggunaan kondom.

"Perlu ada regulasi dari pemerintah daerah terkait hal ini," kata dia.

Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi menggeneralisirnya persebaran HIV/AIDS hingga ke tengah masyarakat yang diperkirakan dapat terjadi dalam lima tahun mendatang.