Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinsos Bintan Persilahkan Warga Korban Banjir Tukar Beras Bantuan
Oleh : Syajarul Rusydy
Rabu | 25-10-2017 | 14:50 WIB
Bantuan-beras1.gif Honda-Batam
Dinsos Bintan saat membagikan beras kepada warga yang terkena banjir diwilayah Bintan Timur. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Dinas Sosial Kabupaten Bintan membuka peluang bagi warga korban banjir untuk menukar kembali beras bantuan yang dinilai memiliki kualitas tak layak konsumsi.

Sekretaris Dinsos Bintan, Sri Heny Utami menyampaikan, pihaknya kembali membuka peluang kepada warga yang terkena banjir beberapa waktu lalu di Bintan Timur untuk menukar beras bantuan yang berkualitas tidak layak kosumsi, yang dibagikan Dinsos Bintan pada Minggu (22/10/2017).

"Hari ini, kita kumpulkan kembali warga yang kemarin terkena banjir, dan sudah kita berikan bantuan. Untuk menukar kembali beras yang sebelumnya berkualitas tidak bagus itu," sebut Eni saat dihubungi BATAMTODAY.COM, Rabu (25/10/2017).

Terkait beras yang berwarna coklat itu, Eni menjelaskan bahwa beras yang distok di bulog itu ada dua kreteria, yakni beras dalam nergri dan beras luar negri. Untuk beras yang dibagikan kepada warga yang terkena banjir itu merupakan beras dalam negeri.

"Jadi beras yang dalam negeri itu, memang kualitasnya seperti itu, berwana coklat. Namun baik dikosumsi, karena menurut bulog beras yang dalam negeri kadar gulanya lebih rendah, jadi sangat baik dikonsumsi masyarakat," tutur Eni.

Kalau memang masyarakat tidak yakin untuk mengkosumsi, sambung Eni pihaknya bersedia menggantikan beras tersebut. Dengan catatan tetap beras bulog yang diproduksi dari dalam negeri.

"Kalau masyarakat juga tidak yakin, silahkan tukar, kita siap menggantikannya. Tapi dengan catatan beras bulog dalam negeri," kata Eni.

Jumlah keseluruhan beras yang dibagikan kepada warga yang terkena banjir sebanyak 1,50 Ton. "Kalau keseluruhannya 1,50 Ton. Tapi yang hari ini hanya yang mau menukarnya saja," timpal Eni.

Sebelumya diberitakan, lagi lagi beras berlebel Bulog, yang berkualitas tak layak dikosumsi dibagikan kemasyarakat Kecamatan Bintan Timur (Bintim), Kelurahan kijang Kota. Beras raskin yang dibagikan korban banjir di Kampung Kuala Lumpur itu berwana coklat dan berdebu.

Salah seorang warga setempat, Rosadi kepada BATAMTODAY.COM mengatakan bahwa beras berlebel Bulog itu ia dapat dari Dinas Sosial Bintan, dan diambil melalui Kelurahan Kijang Kota, pada Minggu (22/10/2017).

"Beras tersebut merupakan bantuan korban banjir pada, Selasa (10/10/2017) kemarin, dibagikan oleh Dinasos dan Tim Tagana di Kantor Lurah Kijang Kota," beber Rosadi saat ditemui di Kijang, Senin (23/10/2017).

Editor: Yudha