Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dukung Program Persawahan, Dinas PUPKP Lingga Siap Bangun Irigasi
Oleh : Nurjali
Jum\'at | 20-10-2017 | 10:38 WIB
irigasi1.jpg Honda-Batam
Memuliai tahapan pembangunan irigasi di Sungai Besar, Lingga untuk mendukung program persawahan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Kabupaten Lingga memulai tahapan pengerjaan irigasi skala besar untuk mendukung program percetakan sawah. Tahapan awal dimulai pada pembebasan lahan akhir tahun ini.

"Untuk akhir tahun ini kami lakukan pembebasan lahan warga, jadi nanti sebelum mulai dibangun irigasi, pembebasan lahan harus sudah selesai," kata Kepala Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lingga, Sumarno, Kamis (19/10/2017).

Untuk memastikan pekerjaan ini berjalan sebagaimana mestinya, Dinas PUPKP Lingga beberapa waktu yang lalu sudah melakukan tahapan sosialisasi ke masyarakat di Sungai Besar, lokasi percetakan sawah.

Pada saat soialisasi dan rembuk bersama masyarakat tentang pembangunan jaringan irigasi di Sungai Besar, warga sangat antusias mendukung adanya irigasi. Hal ini ditunjukan dengan menyetujui untuk melakukan pembebasan lahan mereka yang terkena proyek irigasi nanti.

Untuk tahapan selanjutnya adalah pembuatan DED atau perencanaan. "Jadi syarat kelengkapan itu harus kita buat dahulu baru Pemerintah Pusat mengeluarkan anggaran untuk pembangunan irigasi nanti," sebutnya.

Rencananya di tahun 2019 ini sudah mulai terbangun jaringan irigasi di sungai Besar dengan dana dari Pemerintah Pusat.

Panjang jaringan irigasi yang akan dibangun dalam perencanaan awal sekitar 20 Kilometer, dengan saluran irigasi primer 10 Kilometer dan jaringan irigasi sekunder 20 Kilometer.

Pembangunan akan dilakukan secara bertahap mulai tahun 2019. Ini merupakan lanjutan dari pertemuan Bupati Lingga dengan Dirjen SDA, di mana Pemerintahan Pusat di Jakarta berkomitmen untuk mendukung suksesnya perogram ini.

"Kemarin Pak Bupati sudah bertemu Dirjen SDA, untuk irigasi memang diperioritaskan dari Pemerintah Pusat. Dana yang disediakan untuk irigasi per hektar Rp120 juta dari Pemerintah Pusat," jelasnya.

Dinas PUPKP Lingga pada tahun selanjutnya akan berkosentrasi membangun jaringan irigasi di Lingga. Kegiatan ini nantinya akan didukung Balai Wilayah Sungai Sumatera IV, mengingat BWS juga mulai tahun depan berencana membangun jaringan irigasi di Kabupaten Lingga.

"BWS tahun depan akan mulai. Kalau kita tahun 2019 mulai bangun irigasi. Tetapi kita saling mendukung, karena memang mereka juga konsen irigasi tahun depan, dari segi anggaran jelas kita sangat terbantu dengan dukungan BWS ini," ungkapnya.

Editor: Gokli