Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sudah Diberi Tumpangan, Malah Mencuri
Oleh : Gokli/Dodo
Rabu | 30-11-2011 | 14:23 WIB
Sagulung-(1).gif Honda-Batam

Ketiga orang yang diduga pelaku pencarian saat kasusnya diekspose oleh Kapolse Sagulung, AKP Yoga Buanadipta (kanan). (Foto: Gokli)

BATAM, batamtoday - Air susu dibalas dengan air tuba. Kata pepatah ini mungkin tepat dialamatkan ke tiga orang yakni Ajeng Sri Rahayu (24), Beno (23), dan Julieka (22) lantaran mencuri uang, handphone dan baju milik Dede janda yang baru ditinggal mati suami, di daerah Perumnas Sagulung Blok K setelah diberi tumpangan untuk tidur di rumahnya.

Ketiga orang ini ditangkap Polisi, Sabtu (26/11/2011) berdasarkan laporan yang dibuat Dede pada hari itu juga. Dede dalam laporannya menyebutkan ketiga pelaku dituduh mencuri uang sebanyak Rp5 juta, satu unit handphone dan baju anaknya yang kebetulan dijadikan pembungkus uang tersebut.

Kapolsek Sagulung, AKP Yoga Buanadipta menjelaskan ketiga orang pelaku awalnya numpang untuk menginap di rumahnya Dede. Akan tetapi saat ketiganya meninggalkan rumah setelah empat hari menginap, uang, handphone dan baju anak Dede itu sudah raib digondol ketiga pelaku.

"Modus pencuriannya pura-pura numpang inap, tapi saat meninggalkan rumah yang ditumpanginya barang-barang pemilik rumah sudah dibawa kabur pelaku," kata Yoga di ruang kerjanya, Rabu (30/11/2011).

Menurut pengakuan korban seperti yang diterangkan Yoga, salah satu dari pelaku, Sri sudah tidak asing lagi bagi keluarganya Dede. Sri disebut-sebut merupakan anak angkat keluarga Dede sehingga waktu perempuan itu dan dua rekannya datang numpang menginap, Dede tidak merasa curiga dan mempersilahkan.

Setelah ketiga pelaku meninggalkan rumahnya korban, Dede mendatangi Sri dan menyuruh supaya Julieka dan Beno dibawa ke rumahnya karena selain ketiga pelaku tidak ada lagi orang lain yang mendatangi rumah itu dengan peristiwa hilangnya barang-barang miliknya.

"Setelah digeledah ternyata benar baju anaknya Dede yang dijadikan pembungkus uang itu ada di dalam tasnya Sri,"sebut Yoga.

Ketiga pelaku kini digiring ke Mapolsek Sagulung dan dijebloskan ke dalam sel tahanan, guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

"Sementara, ketiga pelaku belum ada yang ngaku, tapi kasus ini masih tetap kita dalami dan ketiganya kita tahan," tutup Yoga.