Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cegah Peredaran Narkoba, BNN Tanjungpinang Fokuskan Pencegahan ke Pelajar dan Masyarakat
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Senin | 09-10-2017 | 19:02 WIB
BNN-TPI-Panggabean.gif Honda-Batam
Kepala BNN Kota Tanjungpinang, AKBP ?Abdul Hasyim Panggabean (Sumber foto: Metro Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk memberantas peredaran narkoba yang semakin marak, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tanjungpinang memfokuskan pencegahan dengan cara menyosialisasikan bahaya narkoba  kepada pelajar dan masyarakat.

"Untuk mengantisipasi peredaran narkoba yang semakin marak terjadi di Tanjungpinang, kita fokus pencegahan seperti sosialisasi di kalangan pelajar dan masyarakat," ujar Kepala BNN Kota Tanjungpinang, AKBP Abdul Hasyim Panggabean saat dikonfirmasi, Senin (9/10/2017).

Selain itu, BNN juga akan melakukan pencegahan di tempat hiburan malam (THM) dan di hotel-hotel yang ada di Tanjungpinang. Hal tersebut dilakukan dalam menyikapi semakin maraknya pengedar-pengedar narkoba yang menggunakan hotel sebagai tempat untuk menggunakan dan mengedarkan narkoba.

"Yang jelas, jika kita menilai tempat-tempat tersebut dijadikan sebagai tempat menggunakan narkoba atau tempat transaksi narkoba, kita akan razia tempat itu," katanya.

Sementara itu, terkait dengan jumlah orang yang terjerat dalam penyalahgunaan pada tahun ini, pihaknya belum dapat memastikan karena terkait dengan data dalam setahun. Pihaknya biasanya akan mengetahui di akhir tahun nantinya.

"Jadi, kita dapat melihat apakah naik atau turun dari tahun ke tahun, tetapi jika dilihat pada tahun ini terindikasi meningkat," ucapnya.

Selain itu, jika dilihat penyelundupan peredaran narkoba dari Malaysia ke Tanjungpinang, selalu berbeda-beda pola dan sistemnya. Selama ini, dengan adanya penangkapan-penangkapan yang dilakukan oleh aparat penegak hukum, pihaknya selalu memantau pola peredaran tersebut.

"Dengan modus yang berbeda-beda seperti itu kita terus memantau pergerakan mereka yang sering mangganti pola penyelundupan narkoba dari luar negeri," pungkasnya.

Editor: Udin