Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anggota Polsek Bintim Kibarkan Merah Putih di Pulau Terluar Kabupaten Bintan
Oleh : Syajarul Rusydy
Senin | 09-10-2017 | 08:38 WIB
merah_putih_terluar.jpg Honda-Batam
Jajaran Mapolsek Bintim saat mengibarkan sang sakan merah putih di Pulau Sentut Bintan. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Jajaran Mapolsek Bintan Timur (Bintim) mengibarkan bendera merah putih di pulau terluar Kabupaten Bintan, yang berada tepat berahdapan langsung dengan laut cina selatan. Yaitu, di Pulau Sentut, Desa Mapur, Kecamatan Bintan Pesisir, tepat saat matahari berada di atas kepala, Sabtu (7/10/2017) pukul 13.00 WIB lalu.

Kegiatan pengibaran bendera Indonesia itu, dalam rangka ekspedisi Patroli Pulau Terluar. Patroli dipimpin Kapolsek Bintim AKP Abdul Rahman, bersama 18 personel Polsek Bintim. Dengan menggunakan Kapal KM Geum.

Dalam patroli tersebut, Raman menuturkan pihaknya memulai perjalanan melalui Dermaga Keke, Kecamatan Bintim menggunakan Kapal KM Gaum, pukul 08.30 WIB. Satu jam perjalan rombongan tiba di Desa Mapur.

"Kita beragkat dari Kijang, langsung menuju Des Mapur. Kemudian singgah dulu sambang serta temu ramah dengan masyatakat disana," ujar Rahaman saat ditemui di Kijang, Senin (9/10/2017).

Setelah bertemu masyarakat di Pulau Mapur, sekitar pukul 12.40 WIB. jajaran Mapolsek Bintim kembali meneruskan perjalan, menuju Pulau Sentut. Guna menggelar kegiatan pengibaran sang saka merah putih, dan dilanjuti kurve di sekitar Prasasti Bhinneka Tunggal Ika pulau tersebut.

"Sampai di sana (Pulau Sentut) kita langsung mengibarkan bendera Indonesia. Yang kemudian dilanjutka dengan kegiatan aset aset milik negara yang ada disana," tutur Rahman.

Dalam patroli di Pulau Sentuy, terdapat prasasti Bhineka Tunggal Ika yang masih berdiri kokoh dan terawat di sana. Prasasti terpancang pada 2009 lalu. Dalam acara jelajah nusantara oleh Kesbangpol Linmas Bintan bersama Kemendegari. Masih lengkap dengan goresan tanda tangan Mardianto, Menteri Dalam Negeri era Presiden RI Soesilo Bambang Yudhyono pada prasasti.

"Kondisi prasasti masih terawat dengan baik dan tulisannya masih jelas terbaca," sebut Rahaman.

Selain itu, bangunan kokoh yang juga masih terawat di sana yakni pos pantauan pulau terluar milik Polsek Bintim. Tak jauh dari pos pengawasan, tiang bendera masih tampak kokoh dan merah putih terus berkibar kibar di depan laut cina selatan. Mercusuar perbatasan di atas bukit di tepian pantai. Dari mercusuar, laut cina selatan nampak luas membentang.

"Hampir tiga jam kita patroli pulau Sentut, untuk mengecek kondisi Sentut dan properti bangunan yang ada. Sekitar pukul 15.00, patroli selesai dan kita kembali ke Mapolsek Bintim," tambah Rahaman.

Editor: Dardani