Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wujudkan Reformasi Birokrasi

Dihadiri Seluruh Sekda, Kemenpan-RB Luncurkan 8 Aplikasi e-Gov
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 04-10-2017 | 19:38 WIB
Peluncuran-e-gov-di-kemenpan-RB.gif Honda-Batam
Sekdaprov Kepri, TS Arif Fadillah pada peluncuran e-Government Kementerian Pan-RB (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wujudkan birokrasi pemerintahan yang efektif, efesien dan akuntabel berbasis elektronik dan internet, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) meluncurkan 8 aplikasi e-Government.

Peluncuran e-Government Kementerian Pan-RB ini dilakukan langsung oleh Menteri Pan-RB, Asman Abnur, di Kantor Kementerian PAN-RB Jakarta dengan tema "Menuju Pemerintahan Efektif, Efesien dan Akuntabel" Rabu (4/10/2017).

Menpan-RB,Asman Abnur, mengatakan bahwa kehadiran 8 aplikasi e-Gov Kemenpan-RB sebagai bukti penegasan bahwa Kementerian Pan-RB memiliki kesiapan optimal sebagai role model e-Government Nasional dalan mendorong dan memberikan inspirasi pada instansi pemerintah lainnya untuk mengakselerasi penerapan e-Government.

Kemajuan Negara, tambah Asman, tergantung pada kemajuan dan kualitas aparaturnya. Karena mereka sebagai motor penggerak. Dengan 8 aplikasi ini, bisa menyaring ASN yang berkualitas, mulai dari perekrutan sampai penempatan.

"Peluncuran ini adalah momentum aktualisasi tanggung jawab saya sebagai Kemenpan-RB yakni sebagai penggerak utama reformasi birokrasi," jelas Menpan-RB.

Peluncuran aplikasi e-Goverment tambah Asman, sebagai wujud pentingnya peningkatan efisiensi, efektivitas dan akuntabilitas dalam tata kelola pemerintahan di era digital menuju pemerintahan kelas dunia.

Sementara itu, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto, memuji terobosan 8 aplikasi yang diluncurkan Asman Abnur. Dia menilai yang dilakukan Menpan sebuah langkah maju. Ditambah lagi bekerja sama dengan pemerintahan negara luar.

"Saya diminta memberikan arahan karena Kemenpan ini di bawah Menkopolhukam. Tapi saya mau kasih arahan apa, lah arahnya sudah benar. Malah saya yang minta arah ini, supaya aplikasi ini juga bisa diterapkan pada kementerian saya," ungkapnya.

Wiranto hanya menyampaikan pesan Presiden RI agar para Menteri jangan terjebak dengan rutinitas sehingga tidak bisa membuat terobosan.

Ke depalan apilaksi yang diluncurkan itu adalah 7 inovasi Kementerian PAN-RB dan 1 inovasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Tujuh aplikasi itu adalah Command Center (pusat kendali dan monitoring data), e-Offece (sistem informasi persuratan), e-Salam ( pemberian informasi tercepat tentang Kemenpan-RB), e-Salam (Pemberian informasi tercepat tentang Kemenpan-RB), e-Karpeg (kartu identitas multifungsi), e-Data (integrasi data pegawai dengan Kemenpan-RB), e-Performance (sistem perencanaan kinerja dan penganggaran).

Selanjutnya, Data Center (DC) dan Disaster Recovery Center (DRC) adalah infrastruktur teknologi. Sedangkan satu aplikasi dari KASN adalah SIJAPTI (Aplikasi Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi).

Hadir dalam kesempatan itu kepala Badan Kepegawaian Nasional, Haria Wibisana, Wakil Ketua KPK, Bappenas Bambang Berodjonegoro, Kepala KASN, Dirut PT Taspen para Wakil Menteri, Sekda seluruh Indonesia, perwakilan Negara Australia, Amerika, Jerman, Korsel, Azerbaijan, Goergia.

Editor: Udin