Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ruas Jalan Pasar Berdikari Kijang Kembali Terendam Banjir
Oleh : Syajarul Rusydy
Rabu | 04-10-2017 | 16:02 WIB
Banjir-pasar-kijang1.gif Honda-Batam
Banjir di ruas jalan Pasar Berdikari Kijang. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Ruas jalan di Pasar Berdikari Kijang, Kelurahan Kijang Kota selalu jadi langganan banjir. Hujan yang berdurasi 30 menit pada Rabu (4/10/2017) siang, membuat ruas jalan terendam air setinggi betis orang dewasa.

Salah seorang warga Kijang Kota, Asmin (60) mengatakan, banjir ini bukanlah suatu pemandangan baru karena setiap hujan deras, selalu banjir.

"Biasalah, hujan sebentar saja pasti banjir di sini. Tidak perlu nunggu satu hari, cukup setengah jam aja air sudah sampai betis saya," ujar Asmin.

Berbeda dengan sebelumnya, air yang menggenangi jalan tersebut kini cepat surut. Sejak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan melalui Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR) Bintan lakukan perbaikan drainase di sekitaran Pasar Berdikari.

"Tapi tak lama banjirnya, hujan berhenti air pun surut. Sejak darainase dibenahi udah lumayan lah," kata Asmin.

Sementar itu, Kepala Dinas PUPR Bintan, Juni Riyanto memastikan bahwa tidak akan terjadi genangan air lagi di ruas jalan Pasar Berdikari Kijang. Jika drainase yang saat ini sedang dalam proses perbaikan rampung pengerjaannya.

"Kalau sudah siap drainasenya, gak bajir lagi. Kan sekrang lagi tahap perbaikan dan pemebesaran," kata Juni.

Besaran anggaran untuk perbaikan drainase di Jalan Pasar Berdikari Kijang adalah Rp 700 juta. Melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Untuk meperdalam alur dan sedikit dipelebar dari ukuran sebelumnya.

"Jadi drainase ini kita benahi dengan menambah kedalamannya, dan sebagian ada yang perlu diperlebar. Agar air mampu menampung banyak ketika hujan," papar Juni.

Editor: Yudha