Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Pulau Buluh Benar-benar Merasakan Kehadiran TNI

TMMD Kodim 0316/Batam Bukti Nyata Kehadiran TNI di Tengah Masyarakat
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 04-10-2017 | 15:02 WIB
TMMD-Pulaubuluh1.gif Honda-Batam
Anggota TNI melakukan bedah rumah milik Muslim di Pulau Buluh. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sudah sekitar 9 tahun Muslim tinggal di Pulau Buluh. Namun, dia mengaku baru kali ini merasakan adanya program yang benar-benar membantu dan sangat terasa di tengah masyarakat.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang saat ini tengah dilaksanakan Kodim 0316/Batam di Kecamatan Bulang, Galang, dan Belakang Padang, berkemungkinan besar bisa merubah pola pikir Muslim dan warga lainnya.

Tidak hanya itu, Muslim dan warga lainnya yang tinggal di daerah pesisir maupun hinterland Kota Batam, juga bisa memiliki tempat tinggal yang layak huni berkat bedah rumah yang dilaksanakan TMMD Kodim 0316/Batam.

Pria beranak dua anak ini mengaku sangat senang dengan adanya bantuan bedah rumah untuk tempat tinggalnya. Penghasilan sebagai nelayan, katanya, selama ini hanya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ia pun awalnya tidak menyangka bahwa tempat tinggalnya masuk dalam daftar bedah rumah dalam kegiatan fisik yang dilakukan TMMD Kodim 0316/Batam.

"Awalnya saya memang tidak menyangka dan mengira informasi yang didapat pasti. Namun sekarang terbukti, rumah saya sedang direnovasi oleh bapak-bapak TNI," ungkap Muslim, Rabu (4/10/2017).

Dikatakan Muslim, kondisi rumah yang selama ini sebagai tempat berteduh bersama keluarganya, sudah nyaris ambruk. "Rumahnya sudah teruk, tapi mau perbaiki sendiri tidak ada biaya. Anak saya bisa sekolah karena biaya gratis," lanjutnya.

Menurutnya, terpilih rumahnya masuk ke dalam program bedah rumah TMMD, ditunjuk oleh pihak RT setempat yang mengetahui kondisi warganya.

"Sebenarnya dulu pernah dilakukan, tapi yang dapat hanya beberapa rumah saja. Saat itu kami ikut seleksi, tapi tidak masuk. Itu sudah bertahun-tahun lalu, saat saya baru tinggal disini. Baru kali ini lah kami mendapat bantuan dari TNI," ujarnya.

Dengan adanya program TMMD ini, ia bersama keluarga merasa sangat senang, karena bisa menempati rumah yang layak.

"Ini sangat membantu kami. Bisa dikatakan, semua masyarakat di Pulau Buluh ini merasakan kehadiran bapak TNI di sini. Tidak hanya menyumbangkan tenaga untuk pembangunan rumah kami, tapi kami juga diberi pemahaman agar bisa membuka usaha lain selain bergantung pada hasil laut. Anak-anak kami juga mendapat pemahaman tentang wawasan kebangsaan. Semoga TNI semakin jaya dan terus membantu masyarakat," pungkasnya.

Editor: Yudha