Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelabuhan Tanjung Berakit Bintan Siap Beroperasi, Tinggal Tunggu Operator Kapal
Oleh : Harjo
Rabu | 04-10-2017 | 14:14 WIB
Ka-Syahbandar-Uban11.gif Honda-Batam
Kepala UPP Tanjunguban, Letkol Laut Marinir R Gunawan. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Tanjunguban, Letkol Laut Marinir R. Gunawan, mengatakan, pengoperasian Pelabuhan Internasional Tanjung Berakit, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, tinggal menunggu operator kapal.

"Kalau untuk fasilitas di pelabuhan internasional tersebut sudah siap, namun untuk mulai beroperasional masih menunggu operator atau kapal yang akan berlabuh dan berangkat dari pelabuhan tersebut," ungkap R Gunawan, Selasa (3/10/2017).

Gunawan menjelaskan, pihaknya masih terus melakukan upaya agar ada operator kapal yang berlabuh disana. Mengingat status pelabuhan tersebut adalah pelabuhan internasional maka akan mengandeng operator yang beroperasional di wilayah Kawasan Pariwisata Lagoi (KPL) Bintan.

Ditanya masalah pendalaman alur di sekitar pelabuhan internasional tersebut, R Gunawan menyampaikan untuk pendalaman alur saat ini sudah dilakukan. Sehingga apa bila, nantinya sudah ada oprator yang bersedia beroperasi di pelabuhan tersebut, maka secara otomatis semua pihak yang terkait akan memulai aktifitasnya di pelabuhan tersebut.

"Setelah ada kepastian dari operator, masing-masing instansi yang terkait akan memulai aktifitasnya di pelabuhan ini. Karena belum ada operatornya. Sampai sejauh ini masing-masing masih menunggu," imbuhnya.

Sementara itu, Andi Masdar Paranrengi tokoh masyarakat Bintan di Tanjunguban menyampaikan harapannya, agar pelabuhan internasional Tanjung Berakit agar segera dioperasikan agar tidak sia-sia dan buang anggaran.

" Kita selaku masyarakat sangat berharap, agar pelabuhan internasional tersebut tidak dibangun sia-sia seperti sebelumnya," imbuhnya.

Editor: Yudha