Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rangkaian TMMD ke-100

Kodim 0316/Batam Beri Pemahaman Wawasan Kebangsaan ke Siswa SMAN 11 Pulau Buluh
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 03-10-2017 | 15:26 WIB
TMMD-Wawasan-kebangsaan1.gif Honda-Batam
Serda Mukhtar, saat memberikan pemahaman wawasan kebangsaan kepada murid di SMA Negeri 11 Pulau Buluh. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebagai generasi penerus bangsa, tentunya pemahaman tentang ideologi bangsa perlu ditanamkan. Hal itu bertujuan untuk mencegah masuknya berbagai ancaman, seperti radikalisme.

Hal itu disampaikan salah seorang prajurit yang tergabung dalam Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0316/Batam, Serda Mukhtar, saat memberikan pemahaman wawasan kebangsaan kepada murid di SMA Negeri 11 Pulau Buluh, Senin (2/10/2017) kemarin.

Menurutnya, wawasan kebangsaan adalah kecintaan warga terhadap tanah air dan seisinya, budayanya, sejarahnya serta mau menjaga bersama-sama serta mencegah adanya aksi seperti radikalisme.

Untuk pelajar lanjutnya, penerapan pemahaman wawasan kebangsaan bisa dilakukan dengan menimba ilmu untuk menghasilkan prestasi yang positif.

"Banyak hal positif yang bisa dilakujan pelajar. Selain menuntut ilmu, juga bisa menghindari hal seperti tawuran, ugal-ugalan di jalan, tidak mencoba menggunakan narkotika dan hal lainnya," ungkap Mukhtar.

Ia juga berpesan, para pelajar merupakan penerus bangsa. Dengan kata lain, harus bisa memahami wawasan kebangsaan dengan baik.

"Kalian (siswa) harus bisa memahami tentang hal ini, sehingga nantinya dapat menghindari beebagai ancsman yang datang, baik dari dalam maupun dari luar," pesannya.

Apalagi, Kepri adalah daerah yang berbatasan dengan negara tetangga. Termasuk juga Pulau Buluh adalah pulau terluar dari Kota Batam, sehingga sangat diperlukan pemahaman wawasan kebangsaan ini.

Terpisah, Kepala Sekolah SMAN 11 Pulau Buluh, Sumiati, mengatakan, adanya pemberian materi seperti ini sangat diperlukan peserta didiknya.

Apalagi, adanya tamu yang memberikan materi ke sekolahnya baru kali ini. "Ini merupakan suatu kebanggaan untuk kami, karena bapak-bapak dari TNI sudi datang untuk memberikan materi. Baru kali ini kami mendapatkan kegiatan seperti ini dan sangat bermanfaat sekali," akunya.

Ia berharap, kegiatan TMMD yang dilakukan ini bisa terus berjalan. Sebab, apa saja kegiatan yang dilakukan sangat membantu masyarakat. "Program yang dilakukan, benar-benar bemanfaat untuk masyarakat. Semoga kedepannya bisa terus dilakukan, dan TNI semakin jaya," pungkasnya.

Editor: Yudha