Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Banjir, Dinas Bina Marga Gesa Pembagunan Drainase di Sagulung
Oleh : Yosri Nofriadi
Senin | 02-10-2017 | 12:02 WIB
drainase1.jpg Honda-Batam
Pengerjaan drainase di Kavling Baru, Kelurahan Seilangkai, Kecamatan Sagulung. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Proyek pembangunan drainase di Kavling Baru, Kelurahan Seilangkai, Kecamatan Sagulung terus digesa. Proyek dari Dinas Bina Marga kota Batam itu ditargetkan rampung bulan November mendatang.

Camat Sagulung, Reza Khadafi mengatakan, proyek pelebaran drainase berupa pembangunan gorong-gorong dan jembatan itu sangat berperan untuk mengatasi persoalan banjir yang terjadi di wilayah Sagulung. Pasalnya drainase yang sedang dikerjakan itu selama ini terlalu sempit sehingga tersumbat sampah dan tanah yang terbawa arus air.

"Air yang dari Batuaji akhirnya tidak bisa keluar karena gorong dan drainase di penyebrangan itu tidak maksimal lagi," ujar Reza, Senin (2/10/2017).

Jika proyek peningkatan drainase itu sudah rampung, maka persoalan banjir yang terjadi di wilayah Batuaji dan Sagulung akan bisa diatasi dengan baik.

Namun demikian Reza menegaskan proyek tersebut harus rampung sampai ke hilir sungai Seilangkai yang menjadi tujuan akhir aliran air dari Batuaji. Sebab jika tidak maka pemukiman warga di kelurahan Seilangkai yang akan terima dampaknya berupa banjir kiriman dari Batuaji.

"Makanya kalau sudah rampung drainase itu, akan ada proyek lanjutan untuk normalisasi drainase utama itu sampai ke hilir sungai," ujar Reza lagi.

Untuk proyek serupa, kata Reza, selain di simpang Kavling Baru, untuk tahap selanjut akan dilanjutkan di simpang Puteri Hijau, Sagulung. Di lokasi yang tengah ada proyek pelebaran jalan itu rencananya juga akan dibangun gorong-gorong. "Drainase (simpang Puteri Hijau) juga akan dituntaskan sampai ke hilir.

Pantauan di lapangan, pembangunan gorong-gorong dan jembatan di simpang Kaveling Baru sudah berjalan hampir 40 persen. Proyek yang dikerjakan oleh PT Hasea Gandatama dengan anggaran sebesar Rp2,6 miliar tersebut sudah mulai membangun jembatan dan gorong-gorong yang lebih lebar dan tinggi.

Jembatan dan gorong-gorong sudah mulai dicor. Jalan menuju Kavling Baru untuk sementara masih ditutup sebab proyek tersebut membelah badan jalan. Sesuai dengan jadwal kerja yang ada proyek tersebut akan rampung dua bulan lagi.

Editor: Gokli