Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Penyeludupan Narkoba Lintas Provinsi

Polda Kepri Razia Narkoba dan Tes Urine Kru Pesawat
Oleh : Hadli
Senin | 18-09-2017 | 18:38 WIB
Tes-urine-pilot-dan-kru.gif Honda-Batam
Polda Kepri melalui Tim Gakkum Ops Antik Seligi 2017 melakukan pemeriksaan terhadap orang dan barang bawaan di Bandara Hang Nadim (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polda Kepri melirik jalur penerbangan udara ke beberapa daerah di tanah air melalui Bandara Internasional Hang Nadim. Pasalnya, lintas daerah kerap dijadikan jalur penyeludupan oleh pelaku, bagian dari jaringan narkotika internasional.

Berdasarkan pengungkapan yang terjadi, Polda Kepri melalui Tim Gakkum Ops Antik Seligi 2017 melakukan pemeriksaan terhadap orang dan barang bawaan. Dalam kegiatan ini, tidak luput juga Pilot dan kru pesawat diperiksa petugas dan dilakukan tes urine.



"Kru pesawat juga ikut diperiksa dan tes urine," kata Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Erlangga, Senin (18/09/2017).

Diawali Apel di Polda Kepri yang dipimpin oleh Wakasatgas Gakkum Ops Antik 2017 Kompol Raja Buntat Abas, pada pukul 10.30 wib, razia di Hang Nadim Batam digelar pukul 11.00 WIB.

Tim yang diterjunkan keseluruhan dari Polda Kepri berjumlah 30 orang yang berasal dari Subsatgas Gakkum, Subsatgas Lidik, Subsatgas Pampers serta Bidang Dokter Kesehatan (Bid Dokkes).



Erlangga mengatakan, pada pukul 11.30 Wib dilakukan pemeriksaan terhadap orang dan barang bawaan Kru pesawat Lion Air Boing 737 yang baru tiba dari Kuala Namu, Medan, yang akan melanjutkan penerbangan ke Pontianak Kalimantan.

Pemeriksaan dilanjutkan pada pesawat Sriwijaya Boin 737-300. Pesawat ini datang dari Bandara Sokarno Hatta (JKT) dan menuju Ranai Natuna (Kepri). Pesawat City Link jenis Air Bus 320 yang berangkat dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Bandara SSQ II Pekan Baru.



Pemeriksaan kembali dilakukan pada pesawat Lion Air Boin 737-800 yang datang dari Bandara Balik Papan tujuan Hang Nadim Batam dan SSQ II Pekan Baru. Seterusnya pemeriksaan dilakukam pada pesawat City Link jenis Air Bus 320 yang berangkat dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Bandara Sukarno Hatta (JKT).

"Pemeriksaan orang dan barang dan tes urine kepada kru pesawat hasilnya positif," kata Erlangga menjelaskan.

Editor: Udin