Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Semprotan Merica untuk Pendemo Tak Boleh Disemprot Berkali-kali
Oleh : Dodo/detikHealth
Rabu | 23-11-2011 | 12:16 WIB
demo_malaysia.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Untuk membubarkan massa yang melakukan demonstrasi, petugas keamanan kadang menggunakan semprotan merica. Semprotan merica ini seharusnya digunakan tidak lebih dari 1 detik dan tidak boleh disemprot berulang kali pada induvidu yang sama karena efeknya bisa serius.

Semprotan merica memang tidak mematikan, tapi diketahui bisa melukai atau menimbulkan masalah pada tubuh. Hal ini karena dalam semprotan merica mengandung senyawa yang sama seperti dalam cabai yaitu capsaicin dengan ekstrak yang terkonsentrasi atau disebut dengan oleoresin capsicum.

Studi yang dilakukan peneliti dari University of North Carolina School of Public Health dan Duke University Medical Center menemukan paparan dosis tinggi dari semprotan merica ini bisa menyebabkan efek pada jantung seperti aritmia, pernapasan, disorientasi dan neurologis.

Gangguan pernapasan meliputi rasa terbakar di tenggorokan, mengi, batuk kering, sesak napas, tidak mampu untuk bernapas atau berbicara, sedangkan di hidung menyebabkan bersin, iritasi dan refleks sekresi lendir.

Jika semprotan merica ini tidak terhirup tapi mengenai kulit dan mata maka membutuhkan pertolongan rumah sakit karena bisa menyebabkan rasa nyeri terbakar yang hebat, pembengkakan, peradangan dan kemerahan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan jika terkena semprotan merica seperti dikutip dari Healthland.Time, Rabu (23/11/2011):

1. Jangan digosok

Semprotan merica bisa melebarkan kapiler di permukaan kulit, jadi jika menggosok daerah yang kena semprotan bisa membuat sensasi terbakar menjadi lebih intens dan rasa sakit yang lebih parah.

2. Cobalah untuk tidak bernapas ketika disemprot merica

Menutup hidup akan jauh lebih baik karena bisa mencegah inhalasi atau terhirupnya semprotan cairan ke dalam tubuh.

3. Berhati-hati dengan udara dingin

Biasanya orang akan menyiram tubuh dengan air dingin atau berdiri di depan kipas angin jika terkena semprotan merica untuk mengurangi rasa panasnya. Tapi capsaicin bisa merangsang reseptor panas yang nantinya memicu respons pendinginan tubuh sehingga berisiko overexposure udara dingin yang meningkatkan risiko hipotermia.

4. Gunakan bahan yang tepat untuk membersihkan

Bersihkan daerah yang kena semprotan dengan bahan yang tidak mengandung minyak atau krim pendingin berbasis sabun. Jangan menggunakan salep atau bahan berbasis minyak karena bisa membuat senyawa dalam semprot merica sulit lepas dari kulit.