Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspada Penipuan Berkedok Lowongan Kerja, Warga Batuaji Ini Jadi Korbannya
Oleh : Yosri Nofriadi
Kamis | 31-08-2017 | 15:38 WIB
penipuan-loker1.gif Honda-Batam
Ilustrasi penipuan lowongan kerja. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Batam - Susahnya mencari pekerjaan di Batam saat ini dimanfaatkan oleh pelaku penipuan untuk meraup untung dengan membuka lowongan kerja palsu.

Seperti dialami Joyo Harimun (38), warga perumahan Marina Garden Tanjunguncang, harus kehilangan uang sebesar 2 juta setelah diperdaya oleh pelaku penipuan yang beraksi melalui email.

Saat mengadu ke Polsek Batuaji, ia menuturkan, nasib sialnya bermula saat dia menerima pesan email yang mengatasnamakan salah satu perusahaan yang berada diluar Batam. Dalam pesan email itu dia diyatakan lolos seleksi penerimaan dan dia mulai dipanggil bekerja, Sabtu (2/9/2017) bulan depan.

"Saya percaya setelah merima email kode boking tiket pesawat dan rekening pembayaran," ujarnya lagi.

Kerena yakin, akhirnya Harimun mentrasfer uang boking tiket pesawat sebesar Rp 2 juta ke rekening BRI atas nama Nyai Ningsih. "Setelah saya cek ke situs Lion air teryata tak ada. Saya coba konfirmasi lewat email tapi tak ada balasan," ujarya lagi.

Kapolsek Batuaji Kompolujoko menghibau kepada masyarakat Batuaji agar lebih waspada. Saat ini, lanjut Sujoko memang banyak pelaku kejahatan memanfaatkan situasi untuk memperoleh keuntungan pribadi.

"Memang sekarang susah cari kerja, tapi kewaspadaan itu harus diperhatikan. Jangan mudah percaya apalagi sampai minta uang segala. Lebih baik di cek dulu kebenaranya," ujar Sujoko.

Editor: Yudha