Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polda Kepri Tangkap Gembong Pembobolan Mesin ATM dan Brangkas Lintas Negara
Oleh : Hadli
Jum\'at | 25-08-2017 | 14:38 WIB
Pembobol-ATM1.gif Honda-Batam
Salah satu pelaku pembobol ATM diamankan Polda Kepri. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim Jatanras Subdit III Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kepri berhasil menggulung dua pelaku pembobolan mesin ATM dan brangkas lintas negara, Kamis (24/8/2017).

"Iya gabung dengan Polda Sumut, penangkapan kemarin," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kepri Kombes Pol Lutfi Martadian kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (25/8/2017).

Lutfi menjelaskan, aksi yang dilakukan para pelaku yakni membobolan mesin ATM di beberapa Provinsi. Bahkan jaringan ini juga diduga melakukan aksi yang sama di dua negara lain.

"Informasinya dari Polda Sumut pelaku beraksi di tiga provinsi yakni Kepri, Sumut serta Papua, paling banyak di Sumut. Mereka juga beraksi di Singapura dan Malaysia tapi masih dalam pengembangan," ujar Lutfi.

Pengungkapan dan penangkapan di Batam dipimpin Kasubdit III Ditreskrimum Polda Kepri AKBP Aris Rusdiyanto. Rampudu Togatorop ditangkap di rumahanya Kavling Sei Tering Blok C 1 No 54 RT/03 RW 019, Tanjung Sengkuang, Batuampar berdasarkan pengembangan dari tersangka Tunggul Hatigor Sihombing.

Tim Polda Kepri dan Polda Sumut yang berhasil menangkap pelaku melakukan pengembangan. Ternyata, pelaku lainnya tingal tidak jauh dari rumah Rampudu Togatorop pada Jumat (25/8/2017) sekitar pukul 03.30 WIB.

"Pelaku Z alias M (Zailani alias Metal-red) diamankan di rumah sewa milik saudari D di Kavling Blok E, Tanjung Sekuang No 63 RT 005 RW 011 Kel Tanjung Sengkuang Kecamatan Batu Ampar," kata Kasubdit III AKBP Aris Rusdiyanto.

Penangkapan kedua pelaku tanpa perlawanan. Keduanya disergap saat tertidur pulas. "Siang ini kedua tersangka akan dibawa ke Polda Sumut guna pengambangan," ujarnya.

Editor: Yudha