Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nuansa Merah Putih Warnai Layanan SIM di Mapolresta Barelang
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 15-08-2017 | 18:26 WIB
Nuansa-merah-putih-di-pelayanan-SIM.gif Honda-Batam
Suasana diruangan pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Satlantas Polresta Barelang diwarnai dengan nuansa merah putih (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Suasana diruangan pelayanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) sedikit berbeda sejak Senin (14/8/2017) kemarin. Nuansa memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72 terlihat jelas.

Saat memasuki ruangan, terpasang gapura yang dibuat dari balon warna merah dan putih. Selain itu, pada plafon ruangan juga dipasangi hiasan balon serta pita merah putih, melambangkan bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tidak hanya itu, setiap petugas yang ada diruangan, juga mengenakan ikat kepala terbuat dari kain dan gelang dari pita. Sama dengan balon yang dipasang, ikat kepala serta gelang tersebut berwarna merah putih, layaknya seperti seorang pejuang.

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati, mengatakan bahwa dalam rangka memperingati HUT RI ke-72 ini, pihaknya sengaja mengemas pelayanan khusus pada bagian SIM dengan atribut kemerdekaan.

"Kami sengaja mengemas suasana ruangan dengan warna merah putih, untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia. Para petugas juga mengenakan pengikat kepala dan tangan berwarna merah putih," ungkap Putu saat dikonfirmasi, Selasa (15/8/2017).

Selain memeriahkan peringatan hari kemerdekaan, tujuannya juga untuk menciptakan rasa aman dan nyaman saat berada di dekat polisi. Di samping itu, juga menumbuhkan rasa semangat bagi pribadi petugas untuk melayani masyarakat.

"Kita mencoba menekankan dalam diri pribadi petugas maupun masyarakat untuk menanamkan rasa cinta tanah air. NKRI adalah harga mati!" tegasnya.

Nuansa seperti ini lanjut Putu, akan berlanjut hingga satu minggu ke depan. Tidak hanya itu, direncanakan besok pihaknya akan menggelar pawai pembangunan. Nantinya, akan dibuat mobil hias.

"Tidak hanya nuansa seperti ini yang dilakukan. Kita juga akan menggandeng instansi terkait untuk menggelorakan peringatan 17 Agustus dengan mengadakan pawai pembangunan," terangnya.

Dalan kegiatan itu, pihaknya akan kembali mensosialisasikan pentingnya mematuhi aturan lalu lintas agar terciptanya Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Berlalu Lintas (Kamseltibcarlantas).

"Intinya dalam pawai itu, kita akan mensosialisasikan kepada masyarakat apa saja visi dan misi maupun program Satlantas Polresta Barelang. Tujuan utamanya untuk menekan angka kecelakaan yang akhir-akhir ini terjadi," pungkasnya.

Editor: Udin