Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kasus Penembakan di Deiyai Harus Diungkap

Komnas HAM Minta Presiden Jokowi Tuntaskan Persoalan di Papua
Oleh : Redaksi
Jum'at | 04-08-2017 | 11:39 WIB
maneger-00.gif Honda-Batam
Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution. (Republika/Musiron)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyampaikan turut berbelasungkawa kepada masyarakat Papua, terutama keluarga korban penembakan di Kabupaten Deiyai.

"Komnas HAM sungguh-sungguh mengutuk keras peristiwa penembakan itu. Komnas HAM wajib hukumnya turun ke lapangan untuk memantau kasus penembakan yang menegenai 17 orang," kata Komisioner Komanas HAM, Maneger Nasution, dalam siaran persnya, Kamis (3/8/2017).

Maneger meminta Kepolisian segera mengusut kasus itu sampai tuntas secara profesional dan independen. Siapa pun pelakunya, apa pun motifnya, dan siapa pun aktor intelektualnya harus dimintai pertanggungjawaban.

"Presiden Jokowi sejatinya (kembali) mengambil inisiatif dan memimpin penyelesaian kasus-kasus kemanusiaan di Tanah Papua secara dialogis, damai, menyeluruh dan bermartabat dalam kerangka NKRI yang sejati," katanya.

Masih kata Maneger Nasution, di sisa-sisa waktu yang relatif tidak banyak, Presiden Jokowi sebaiknya bergegaslah memimpin penyelesaian masalah-masalah Papua. "Sekali lagi bersegeralah sebelum terlambat. Masalah-masalah di Papua sudah mendekati 'Maghrib'. Sejarah NKRI di Tanah Papua menuntut bukti. Semoga masih ada waktu," demikian Maneger Nasution.

Editor: Gokli