Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satu Orang Penadah Juga Diamankan

Buser Polresta Barelang Bekuk 4 Pencuri Baterai Tower Telkomsel, 2 Ditembak
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 03-08-2017 | 16:14 WIB
pencuri-baterai-Telkomsel.gif Honda-Batam
Barang bukti baterai hasil curian (kiri) dan salah satu pelaku (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak empat orang pelaku dan satu penadah pencurian baterai BTS atau tower Telkomsel dibekuk Tim Buru Sergap (Buser) Polresta Barelang. Karena berusaha kabur dan melawan petugas, dua di antaranya terpaksa dihadiahi timas panas pada bagian kakinya.

Tidak tanggung-tanggung, para pelaku sudah beraksi puluhan kali. Selain itu, barang bukti berupa puluhan baterai turut diamankan.

Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Agung Gima Sunarya, mengatakan saat ini para pelaku sudah ditahan sambil menjalani pemeriksaan.

"Ada lima orang yang kita amankan. Satu di antaranya penadah dan empat lainnya pelaku pencuriannya. Dua pelaku terpaksa ditembak kakinya, karena berusaha melawan petugas," ungkap Gima, Kamis (3/8/2017) sore.

Dijelaskan, pengungkapan ini berawal dari tertangkapnya dua pelaku oleh warga di Bengkong pada Minggu (30/7/2017) dini hari.

"Dari dua pelaku ini, dikembangkan hingga tiga lainnya berhasil diamankan. Karena aksi ini sudah terorganisir, sehingga kasusnya ditangani Polresta Barelang," jelas Gima.

Sejauh ini, pihaknya masih melakukan pengembangan untuk mengejar pelaku lainnya. "Kasus masih kita kembangkan. Pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Begitu juga dengan penadah dijerat Pasal 480 KUHP," pungkasnya.

Editor: Udin