Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TNI AL Gelar Sosialisasi Pushidrosal Tahun 2017
Oleh : Hadli
Rabu | 02-08-2017 | 17:02 WIB
Lanal-Batam.gif Honda-Batam
TNI Angkatan Laut menggelar sosialisasi Pushidrosal Tahun 2017 tentang keselamatan navigasi pelayaran, kemaritiman, peta laut dan batas laut (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar sosialisasi keselamatan navigasi pelayaran, kemaritiman, peta laut dan batas laut yang harus diketahui oleh prajurit TNI AL dan stakeholder yang bertugas di laut.

Kegiatan itu digelar di Mako Guskamlabar, Batam Center, yang dipimpin langsung Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal), Laksamana Muda (Laksda) TNI Dr Ir Harjo Susmoro SH MH.

Pelaksanaan sosialisasi Pushidrosal pada tahun 2017 itu, mengambil tema "Peran Pushidrosal dalam mendukung kepentingan umum dan pertahanan dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia".

Sehari sebelum pelaksanaan sosialisasi, Kepala Pushidrosal dengan didampingi Kadispam, telah melaksanakan kunjungan/courtesy call ke Gubernur Kepri dan Komandan Lantamal IV di Tanjungpinang serta ke Kapolda Kepri di Nongsa, Kota Batam.

"Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal), merupakan Kotama Pembinaan TNI Angkatan Laut yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal)," ungkap Harjo, Rabu (2/8/2017).

Ditambahkan, Pushidrosal juga mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pembinaan fungsi dan pelaksanaan kegiatan Hidro-Oseanografi (Hidros) yang meliputi survey, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun umum.

"Ini juga untuk menyiapkan data serta informasi wilayah pertahanan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut," lanjutnya.

Pelaksanaan safari Pushidrosal dihadiri oleh Danguskamlabar Laksma TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han), Kepala Pelaksana Tugas Fungsi Kemhan Laksma TNI Suwarno, Kakazonmar Wilbar Laksma TNI Prasetyo, SPI, MTR (Han) MAP, KAS Guskamlabar Kolonel Laut (P) Nursyawan Embun, Koorsahli Pushidrosal Kolonel Laut (P) Anis Khariri, Kadispam Pushidrosal Kolonel Laut (P) Edi Krisna Murti, Dansatsurvei Pushidrosal Kolonel Laut (P) Dwi Jantarto, Danlanal Batam Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo, perwakilan Pamen Lantamal IV TPI, Guskamlabar dan Lanal Batam, serta stakeholder yang bertugas di laut.

Editor: Udin