Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waw, Tunjangan Anggota DPRD Kepri Bakal Naik 7 Kali Lipat
Oleh : Ismail
Selasa | 01-08-2017 | 19:26 WIB
Rudi-Chua-ketua-pansus-728x349.gif Honda-Batam
Ketua Pansus Ranperda hak keuangan dan administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD Kepri, Rudi Chua (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kepri tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang hak keuangan dan administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD Kepri akan mulai membahas Ranperda tersebut, Kamis (3/8/2017) mendatang.

Ketua Pansus, Rudi Chua mengungkapkan, Ranperda tersebut merupakan substansi hukum pada Pemerintah Daerah dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomur 18 tahun 2017 tentang kedudukan keuangan dan administratif Pimpinan dan Anggota DPRD.

Dalam Perda tersebut, nanti akan dipaparkan kenaikan tunjangan Pimpinan dan Anggota DPRD Kepri. Kenaikan tunjangan tersebut disesuaikan dengan kekuatan keuangan kas daerah.

"Itu yang akan kita bahas nanti. Mengenai besarannya, sudah jelas melalui PP tersebut. Bisa 3,5 dan 7 kali lipat dari yang sekarang. Tergantung kekuatan kas daerah," ungkapnya kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (1/8/2017).

Politisi Partai Hanura ini juga mengakui, memang dalam PP/18 2017 tersebut tidak disebutkan jumlah kenaikan tunjangan Pimpinan dan Anggota DPRD Kepri. Kendati demikian, pihaknya akan membahas secara menyeluruh sesuai dengan kas daerah Provinsi Kepri.

Sementara itu, anggota Pansus, Syukri Fahrial, mengungkapkan bahwa Perda tersebut hanya menyesuaikan dengan PP yang baru diterbitkan. Meski dalam Perda tersebut nanti diatur kenaikan tunjangan Anggota DPRD Kepri, namun akan disesuaikan dengan kemampuan daerah.

"Kan juga harus disesuaikan dengan kemampuan daerah kita. Ini hanya penyesuaian saja," katanya.

Disinggung besaran kenaikan tunjangan tersebut, Syukri mengaku belum mengetahui secara pasti. Karena, pihak Pansus baru akan mulai membahasnya pada Kamis mendatang.

"Ini baru kita mau bahas. Yang pasti kita sesuaikan kemampuan kita," tutupnya.

Editor: Udin