Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasfarizal Optimis Distribusi IMTA Tahun 2017 Capai Target
Oleh : Syajarul Rusydy
Selasa | 01-08-2017 | 18:26 WIB
Hasfarizal-Handra-Bintan.gif Honda-Batam
Kepala DPMPTSP dan Tenaga Kerja Bintan, Hasfarizal Handra (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Sapanjang tahun 2017 ini, pekerjaan rumah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) dan Tenaga Kerja, sudah berhasil menghimpun retribusi Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA) sebesar Rp800 juta. Angka tersebut belum memenuhi target hingga tahun ini, yakni Rp1,2 miliar.

Namun Kepala DPMPTSP dan Tenaga Kerja Bintan, Hasfarizal Handra, kepada BATAMTODAY.COM mengatakan bahwa pihaknya optimis bisa mencapai target, hingga akhir 2017 nanti.

"Kami yakin bisa sampai target, karena hingga tahun 2017 ini saja sudah mencapai Rp800 juta. Masih ada 4 bulan lagi memenuhi target itu, dengan distribusi sebanyak Rp345 juta," sebut Hasfarizal saat ditemui diruangan kerjannya, Kantor DPMPTSP dan Tenaga Kerja Bintan, Bintan Buyu, Selasa (1/8/2017).

Angka Rp1,2 miliar itu, kata Hasfarizal, terhitung dengan jumlah TKA sekitar 300-an yang tersebar di sejumlah perusahaan di Bintan. Masih ada waktu sekitar 4 bulan, untuk pihaknya mencapai target yang ditentukan.

"Masih ada 4 bulan, saya rasa bisa tercapai, selama ini retribusi yang dibayarkan lancar. Belum ada surat teguran yang dilayangkan," kata Hasfarizal.

Selain IMTA, target penerimaan retribusi daerah yang juga sedang gencar dikejar adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pada 2017 ini, target penerimaan IMB senilai Rp5 miliar. Hasfarizal juga optimis, target akan tercapai.

"Sejauh ini, sudah 60 persen penerimaan dari IMB, masih ada beberapa bulan lagi tersisa, sementara yang sudah terhimpun setengahnya," tutur Hasfarizal.

Dua sumber penerimaan tersebut harus dijaga. Bahkan diupayakan meningkat pada 2018. Tentu mengupayakan terget tercapai apalagi meningkatkannya sulit di tengah perlambatan ekononi makro saat ini.

Editor: Udin