Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Batam dan Karimun Masih Bermasalah dengan Lahan

DN KEK Sebut Galang Batang Bintan Paling Siap Jadi KEK
Oleh : Charles Sitompul
Minggu | 30-07-2017 | 18:01 WIB
DN_KEK.gif Honda-Batam
Gubernur Provinsi Kepulauan Riau dan Tim Pelaksanaa Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus melakukan peninjauan ke kawasan Galang Batang Bintan (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Tim Pelaksaana Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (DN-KEK) mengatakan, dari tiga kawasan di Kepulauan Riau (Kepri) yang diusulkan Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjadi KEK, baru Kawasan Galang Batang, Kabupaten Bintan, yang paling siap.

Selain masalah lahan dan administrasi yang sudah disiapkan, kawasan Galang Batang juga telah dikembangkan sesuai dengan Rencana Tataruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bintan.

"Dari hasil kunjungan yang dilakukan, secara kesiapan kami melihat sudah siap. Demikian juga administrasinya sudah disampaikan, mengenai lahan sudah dibebaskan. Sedangkan sarana prasarana, sambil berjalan diharapakan segera dibangun," ujar Elen Setiyadi dari Staf Ahli Bidang Ekonomi, Politik, Hukum dan Keamanan, merangkap Tim Pelaksana Dewan Nasional KEK pada wartawan usai melakukan peninjuan KEK Galang Batang Bintan, Sabtu (29/7/2017).

Elen menambahkan, sedangkan Kawasan KEK Karimun dan Batam, sebagaimana yang dijelaskan Gubernur kepada Tim, masih ada penyelesaian lahan dan hutan lindung yang berada di kawasan KEK yang diusulkan.

Selanjutnya, dengan pelaksanaan peninjauan tim KEK Dewan Nasional KEK, akan dilaporkanpada satuan kementeriaan? masing-masing, guna diteruskan pengusulan kepada Presiden.

"Dengan hasil kunjungan ini, akan dilaporkan nantinya pada masing-masing Kementerian untuk diusulkan ke Presden melalui Tim dewan Nasional KEK, untuk segera diproses dan dikeluarkan PP-nya,"ujar Elen.

Pengusulan PP KEK Galang Batang Bintan, dikatakan Elen akan dilakukan sendiri-sendiri, sesuai dengan UU dan mekanisme peraturan yang berlaku. Dan dengan Siap dan keluarnya PP KEK Galang Batang Bintan yang yang nantinya akan dikelola PB.BAI, diharapakan akan mengairahakan perekonomian Daerah dan Provinsi Kepri.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun mengatakan, ?dengan dilakukanya kunjungan Tim Dewan Nasional KEK itu, Selanjutnya Tergantung Pusat dalam mengesahan Peraturan Pemerintah KEK tersebut. Dan sebagai tindak lanjut, Nurdin juga mengaku sudah memberi disposisi dan Paraf, rekomendasi persetujuan pengesahan KEK di Kepri.

"Penetapanya tingal dari Pusat, sebagai rekomendasi dalam penerbiatan PP, Saya sebagai Gubernur, juga sudah memberi paraf persetujuan pengeluaran PP KEK di Kepri," sebutnya.

Nurdin juga berharap, PP-KEK Galang Batang Bintan itu juga dapat segera dikeluarkan Presiden, hingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah, dan untuk pelaksanaan pengaturan Teknis Kerja di daerh, tentunya dapat dilaksanakan Pemerintah Provinsi.

Sebelumnya, rombongan Tim Dewan Kawasan Nasional KEK turun melakukan peninjuan langsung kesiapan dan administrasi pengajuan KEK Galang Batang di Bintan.

Tim Dewan Nasional KEK dipimpin langsung anggota Dewan Kawasan Nasionak KEK, Widodo Eka Cahyadi dari Deputi Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan HAM, Agustin, dari Deputi Bidang Perekonomian Sekretaris Kabinet, serta Elen Stiyadi dari Staf Ahli Bidang Ekonomi, Politik, Hukum dan Keamanan, merangkap tim Pelaksana Dewan Nasional KEK.

Pelaksanaan Peninjuan sendiri, didampingi langsung Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, Asiten II Pemerintah Provinsi Samsul Bahrum, serta Biro Ekonomi Pembangunan Provinsi Kepri M.Aris, dan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Bintan, Hasparizal Handara.

Editor: Surya