Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rakernas I SMSI di Surabaya, 26-27 Juli 2017

SMSI Daftar ke Dewan Pers 1 September 2017
Oleh : Saibansah
Kamis | 27-07-2017 | 08:24 WIB
rakernas_smsi.jpg Honda-Batam
Ketua Umum SMSI, Teguh Santosa (keempat dari kiri), Sekretaris Jenderal SMSI, Firdaus (keenam dari kiri) berfoto bersama dengan Ketua SMSI Kepri Ramon Damora dan para pengurus SMSI Kepri. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Surabaya - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang digelar di Hotel Harris Jalan Bangka, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (26/7/2017) berhasil memutuskan deadline waktu penyerahan berkas administrasi dan pendaftaran ke Dewan Pers.

Hari pertama Rakernas I SMSI yang mengangkat tajuk "Membangun Industri Media Siber yang Sehat" itu membahas langkah-langkah strategis organisasi di masa mendatang. Juga, pandangan dari masing-masing pengurus cabang SMSI dari 27 provinsi di Indonesia.

Selain itu, digelar juga dialog seputar media siber yang menghadirkan sejumlah narasumber nasional. Diantaranya Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo dan Dahlan Iskan. Dua pembicara, Dahlan Iskan dan Rizal Ramli, keduanya merupakan penasihat organisasi perusahaan media siber di Indonesia itu.

Ketua Umum SMSI, Teguh Santosa mengungkapkan organisasi yang dipimpinnya itu fokus membenahi kepengurusan internal terlebih dahulu. Karena itu adalah salah satu syarat agar nantinya SMSI bisa masuk menjadi konstituen Dewan Pers.

"Momen ini juga sebagai ajang silaturahmi, karena sejak SMSI terbentuk, baru kali ini diadakan momen nasional yang menghadirkan seluruh kepengurusan di Indonesia," kata Teguh Santoso.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua SMSI Kepri, Dedy Suwadha menyampaikan, pertumbuhan industri media siber di Kepri, sangat menggembirakan. Selain dari segi kuantitas, tapi juga kualitasnya.

"Saat ini, sudah ada dua media siber di Kepri yang sudah lulus verifikasi administrasi dan faktual dari Dewan Pers, yaitu Batamtoday.com dan batamnews.co.id," ungkap Dedy Suwadha.

Ditambahkannya, dengan bertumbuhsuburnya media siber di Kepri, berbagai pihak sekarang ini sudah terbuka pemahamannya mengenai urgensi media siber.

"Bahkan pemerintah dan pihak swasta di Kepri pun sudah mulai menjalin kontrak-kontran iklan dan kerjasama dengan media siber," tambah Pemimpin Redaksi Wartakepri.co.id itu.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal SMSI, Firdaus menambahkan Rakernas I SMSI ini dihadiri 120 orang dari 27 provinsi di Indonesia. Firdaus berharap, usai Rakernas perdana, kepengurusan SMSI akan ada di seluruh provinsi.

Selain itu, rapat ini juga meminta kepengurusan di setiap provinsi untuk menghimpun perusahaan pengelola media siber untuk bergabung. Tentunya disertai dengan mengisi formulir dan melampirkan persyaratan sesuai dengan ketentuan Dewan Pers, misalnya terkait legalitas perusahaan.

Penekanan dalam Rakernas tersebut yakni merampungkan kelengkapan administrasi anggota dan pengurus untuk mendaftar ke Dewan Pers. "Selain juga untuk menghimpun saran dan masukan dari pengurus provinsi," terang Firdaus.

Editor: Dardani