Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diduga Sengaja Dibakar

Belasan Hektare Hutan di Senggarang Terbakar
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Rabu | 26-07-2017 | 17:38 WIB
kebakaran-hutan-di-Tanjungpinang.gif Honda-Batam
Puluhan petugas diterjunkan memadamkan api yang sudah menjalar cepat di semak belukar di Tanjungpinang (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Belasan hektare hutan yang berada di dua tempat antara lain di depan Kantor Camat Tanjungpinang Kota, Jalan Abdul Rahmat dan di samping kantor Wali Kota Tanjungpinang Senggarang, diduga dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab, Rabu (26/7/2017).

Pantauan di lapangan, akibat kebakaran ini tampak tiga mobil pemadam kebakaran dari Dinas Kebakaran dan Penanggulang Bencana Kota Tanjungpinang serta puluhan petugas diterjunkan memadamkan api yang sudah menjalar cepat di semak belukar hutan tersebut.

Salah satu warga yang tinggal di sekitar itu, Aisyah, mengatakan dirinya mengetahui ketika api sudah menjalar hebat. Melihat itu, ia langsung mencari anaknya yang sedang bermain di sekitar tempat itu.

"Saya kaget saat lihat api sudah menyala-nyala, dan saya ingat anak saya yang sering bermain di tempat itu," ujar Aisyah.

Ia menjelaskan, tidak mengetahui asal api itu, tetapi biasanya kebanyakan kejadian seperti ini diduga dibakar oleh orang-orang tak bertanggung jawab.

"Sering kebakaran hutan di sini, tak heran lagi," katanya.



Sementara itu, Babinkabtimas Kelurahan Kampung Bugis, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Aiptu Nafis Albeni, mengungkapkan penyebab kebakaran ini diduga dibakar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

"Dugaan kita dibakar orang ini hutan, karena kejadian ini tidak kali ini saja dan telah berulang-ulang," ungkapnya.

Menurutnya, dalam satu hari ini saja, dengan waktu yang bersamaan ada dua tempat kebakaraan seperti di depan Kantor Camat dan di samping Kantor Wali Kota. Untuk luasnya kira-kira ada sekitar belasan hektare yang terbakar.

"Ada dua tempat yang terbakar dan ada sekitar belasan hektare yang terbakar," pungkasnya.

Editor: Udin