Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dukung Smart City di Karimun, Polres Bentuk Forum Lalu Lintas
Oleh : CR-16
Rabu | 26-07-2017 | 16:50 WIB
Polres-dan-Dishub-bentuk-forum-smart-city.gif Honda-Batam
Kapolres Karimun, AKBP Agus Fajarudin didampingi Kadishub Karimun, Fajar, saat pembentukan Forum Lalu Lintas Smart City di Ruang Rupatama Polres Karimun (Foto: CR-16)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Untuk menciptakan smart city di wilayah Kabupaten Karimun, Polres Karimun membuat sebuah inovasi baru dengan membentuk forum lalu lintas yang memanfaatkan CCTV untuk memantau titik vital rawan laka lantas. Dengan adanya forum lalu lintas tersebut Polres Karimun siap menjawab kebutuhan masyarakat akan situasi yang kondusif.

Kapolres Karimun, AKBP Agus Fajarudin, mengatakan, dengan adanya CCTV akan memudahkan jajarannya dalam memonitoring situasi, khususnya di jalan-jalan, apabila terjadi kecalakaan dan juga untuk situasi Kamtibmas yang terjadi di wilayah Kabupaten Karimun.

"Dengan adanya CCTV ini, memudahkan kita untuk memantau apa yang terjadi di jalan-jalan, serta bisa memantau kegiatan pemerintah. Untuk itu diharapkan semua intansi dapat mendukung smart city agar Karimun dapat dipantau 24 jam, supaya masyarakat aman dan nyaman," ujar Agus saat memberikan sambutannya, Rabu (26/7/2017) pada acara pembentukan forum lalu lintas di ruang Rupatama Polres Karimun

Sementara Kasat Lantas, AKP Tengku Fazrial Kennedy, mengatakan, pihaknya sebelumnya sudah pernah membentuk forum tersebut. Namun belum optimal dalam pengoperasiannya. Besar harapannya agar dapat dioptimalkan. Sebab fungsinya untuk memastikan masing-masing instansi yang memiliki kompetensi khusus, terkait penanganan laka lantas pasca kecelakaan.

"Tujuannya agar dapat membantu kita aparatur negara, khususnya di bidang lalu lintas agar lebih optimal dalam pelaksanaan tugas. Jadi kita tidak sendiri, ada pihak-pihak yang membantu dalam proses penanganan. Untuk pemasangan CCTV ada 4 titik lokasi, Sei Lakam, Ozon, Gereja HKBP dan di Jalan Nusantara," ujar Kenedy

Di samping itu, ada instansi-instansi yang terlibat yakni, Dinas Perhubungan, Dinas PU, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Organda dan Jasa Raharja.

Editor: Udin