Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Provinsi Kepri Juara II STQ Tingkat Nasional
Oleh : Ismail
Sabtu | 22-07-2017 | 17:50 WIB
pelepasan-khafilah2.jpg Honda-Batam
Kafilah Provinsi Kepri saat pelepasan untuk mengikuti STQ Tingkat Nasional ke-24 tahun 2017 di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara, di Aula Quran Centre, Sekupang Kota Batam, Rabu (12/7/2017) malam lalu (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tarakan - Provinsi Kepulauan Riau meraih juara umum kedua pada pergelaran Seleksi Tilawati Qur'an (STQ) Nasional 2017 di Tarakan, Kalimantan Utara, yang resmi ditutup pada Jumat (21/7/2017). Kepri hanya terpaut 13 poin dari DKI Jakarta yang kembali mempertahankan juara umum.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Kepri, TS. Arif Fadillah, yang hadir di tengah-tengah kafilah pada malam penutupan, memberikan apresiasi kepada seluruh peserta, termasuk offisial dan pelatih, serta semua pihak yang telah terlibat secara totalitas bagi kafilah Kepri untuk STQN XXIV 2017 di Tarakan.

Menurutnya, menempati posisi II secara nasional bukan hal yang mudah. Semua provinsi ingin menjadi yang terbaik. Oleh karena itu, torehan prestasi tersebut patut disyukuri dan dibanggakan, karena Kepri berhasil meraih peringkat II, di bawah DKI Jakarta.

"Alhamdulillah. Kami ucapkan selamat kepada seluruh tim yang tergabung di kafilah Kepri. Yang kita raih ini adalah hasil kerja keras dan sungguh-sungguh tentunya," kata Arif.

Sebelumnya Gubernur Nurdin Basirun sempat mengatakan, Kepri adalah sebuah provinsi baru di Indonesia yang sangat konsen dalam bidang keagamaan. Bahkan, sebagai provinsi baru, dalam bidang keagamaan Kepri pernah menjadi juara umum di ajang MTQ Nasional yang diselenggarakan di Kota Batam pada tahun 2014.

"Di ajang seperti ini semua provinsi ingin menjadi juara. Termasuk kita, Provinsi Kepri. Namun juara bukanlah target utama kita, karena yang utama adalah bagaimana generasi kita bisa menjaga dan mengamalkan Alquran tersebut. Kalau tidak juara, setidaknya kita bisa membawa pulang prestasi yang tidak mengecewakan," kata Gubernur.

Sementara itu, Ketua Kontingen kafillah Kepri, Azhar Hasyim, menyebutkan bahwa ada tiga qori qoriah Kepri yang berhasil meraih peringkat pertama pada STQ kali ini. Di antaranya, Awaluddin untuk Tilawah Dewasa Putra, Suhartini untuk Hafiz Alquran 10 Juz Putri dan Azroi Sitorus Hafiz Alquran 20 Juz Putra.

Ditambahkannya, kafilah Kepri tidak bisa menurunkan kekuatan penuh pada STQ kali ini. Hanya 14 qori dan qoriah bisa turun, karena beberapa di antaranya ada yang sakit.

Kendati demikian, dari ke-14 qori qoriah tersebut, dua di antaranya meraih peringkat dua. Mereka adalah M Rifki Hawari yang meraih posisi kedua untuk tilawah anak-anak putra dan Siti Jazila Avara yang meraih posisi kedua untuk hafiz 5 Juz putri.

Berdasarkan hasil keputusan Dewan Hakim STQ Nasional 2017 Tarakan, setelah Jakarta dan Kepri, peringkat ketiga diraih Provinsi Jawa Tengah. Kalimantan Timur meraih peringkat keempat. Banten ada di peringkat kelima. Sedangkan Provinsi Sumatra Barat dan Utara ada di peringkat keenam.

Disusul Aceh dan Kalimantan Utara pada peringkat ketujuh, Provinsi Jawa Barat dan Kalimantan Selatan ada di posisi kedelapan, lalu ada Jambi dan Kalimantan Barat di peringkat sembilan, serta Jawa Timur, Papua, dan Nusa Tenggara Barat di peringkat kesepuluh.

Editor: Udin