Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal Pengangkut 1 Ton Sabu di Anyer Ditangkap di Berakit Bintan
Oleh : Irwan Hirzal
Minggu | 16-07-2017 | 10:00 WIB
kapal-sabu3.jpg Honda-Batam
Penggerebekan satu ton sabu di Anyer beberapa waktu lalu (kiri), dan kapalnya pembawa sabu tersebut ditangkap di Tanjung Berakit, Kabupaten Bintan (kanan). (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapal pengakut sabu-sabu seberat 1 ton yang sempat kabur, dari pengejaran aparat Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya kini berhasil diamankan.

Kapal berwarna putih tersebut diamankan di Perairan Berakit, Bintan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), oleh aparat Bea Cukai, Sabtu (15/07/2017) siang. Kapal tersebut diduga kuat mengangkut sabu 1 ton dari China yang di tangkap di Pantai Anyer, Serang Banten.

"Betul berhasil diamankan, di perairan Berakit, Bintan, tapi bukan Polisi Perairan (Polair) yang tangkap. Melainkan aparat Bea Cukai," ujar sumber kepolisian kepada BATAMTODAY.COM.

Bahkan, kata sumber, dalam penangkapan kapal pembawa sabu 1 ton tersebut tidak ada perlawanan. Kini kapal tersebut berada di Pelabuhan Tanjunguncang. "Setelah ditangkap kapal langsung digiring ke markas Bea Cukai Tanjunguncang," ungkap sumber.

Seperti diketahui, Tim gabungan Polda Metro Jaya menggagalkan penyelundupan sabu seberat 1 ton di bangunan bekas Hotel Mandalika, Anyer, Serang. Operasi tersebut merupakan hasil pengembangan yang dilakukan dari Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, ada 4 orang pelaku yang terlibat dalam kasus ini. Salah satunya tewas saat hendak ditamgkap oleh tim gabungan dari Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Polresta Depok.

Argo mengatakan, selain Hui, polisi menangkap dua orang lainnya, yakni Chen Wei Cyuan dan Liao Guan Yu. Polisi telah memburu satu orang lagi dari jaringan tersebut yang berinisial HYI. HYI ditangkap saat melarikan diri menggunakan bus pariwasata yang mencoba kabur kenegaranya.

Editor: Surya