Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

1 Ton Sabu dari China Itu Dimasukkan ke Dalam 51 Karung
Oleh : Redaksi
Sabtu | 15-07-2017 | 16:42 WIB
tangkap-1-ton-sabu.gif Honda-Batam
Tim Gabungan Satuan Tugas Merah Putih yang terdiri dari petugas dari Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Polresta Depok usai menggagalkan upaya penyelundupan sabu dari China melalui Dermaga eks Hotel Mandalika di Jalan Anyer Raya, Serang, Banten, Kamis (13/7/2017)(Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Depok - Satu ton sabu dari China yang hendak diselundupkan lewat dermaga eks Hotel Mandalika, Anyer, Serang, Banten, diketahui dibungkus ke dalam 51 karung. Masing-masing karung berisi sabu seberat sekitar 20 kilogram. Hal itu diungkapkan Ajun Komisaris Rosana Albertina Labobar.

Ia adalah salah seorang anggota Tim Gabungan Satuan Tugas Merah Putih yang terlibat operasi menggagalkan upaya penyelundupan sabu sebanyak 1 ton itu.

"Ada 51 karung dibagi 24 (karung) sama 27 (karung)," ujar Rosana saat ditemui di Mapolresta Depok, Jumat (14/7/2017).

Sebanyak 24 dan 27 karung yang dimaksud Rosana adalah paket sabu yang rencanannya akan dibawa dengan dua mobil oleh para pelaku.

Pembagiannya yaitu, 24 karung di mobil Toyota Innova warna hitam dan 27 karung di mobil Toyota Innova warna emas. Sabu dari China dikirim melalui jalur laut dengan kapal besar. Sabu kemudian dibawa ke darat dengan perahu kecil.

"Diambil dari kapal besar, dipindah ke kapal nelayan," ujar Rosana.

Pasca operasi yang dilakukan kepolisian, Rosana menyebut sabu sebanyak 1 ton dibawa dengan sebuah mobil box milik kepolisian ke Mapolda Metro Jaya.

Polisi menangkap empat WN Taiwan, yakni Lin Ming Hui, Chen Wei Cyuan, Liao Guan Yu, dan Hsu Yung Li. Adapun Lin Ming Hui tewas ditembak polisi karena melawan saat akan ditangkap.

Sumber: Kompas.com
Editor: Udin