Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Awak Kapal Berhasil Dievakuasi

Kapal Nelayan Tenggelam Ditabrak Tugboat di Perairan Tekong Iyu Karimun
Oleh : CR-16
Rabu | 12-07-2017 | 13:14 WIB
kapal-nelayan-ditabrak1.gif Honda-Batam
Nelayan yang kapalnya ditabrak tugboat mendapat perawatan medis dari Lanal Karimun. (Foto: Wendy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kapal nelayan asal Moro ditabrak kapal tugboat di Perairan Tekong Iyu, Karimun, Selasa (11/7/2017) sekitar pukul 03.00 WIB. Beruntung, nakhoda dan awak kapal nelayan tersebut selamat dan berhasil dievakuasi tim patroli laut Lanal Karimun.

Danposal Takong Iyu, Lettu Laut Himawan Pratikno, mengatakan, dalam kejadian tersebut pihaknya mengetahui bahwa kapal nelayan tersebut ditabrak oleh tugboat yang kabur. Informasi tersebut didapat ketika korban, yakni Ifin (40) selaku nahkoda, Azman (37) dan Irfan (16) merupakan ABK dievakuasi.

"Ketika kita mendapatkan laporan tersebut kita langsung mengarahkan tim patroli untuk mengevakuasi dari kapal kargo yang sempat menolong korban laka laut untuk dibawa ke Tanjungbalai Karimun," ujar Himawan saat ditemui BATAMTODAY.COM, Rabu (12/7/2017).

Himawan juga menjelaskan, bahwa kapal mereka sedang lego jangkar untuk menunggu pengangkatan jaring. Tiba-tiba tugboat tanpa nama sudah mengarah ke kapalnya dan tugboat tersebut langsung menabrak kapal nelayan tersebut.

"Ketika tugboat tersebut mengarah ke kapal dan korban langsung memotong tali jangkar namun karena tidak sempat tugboat langsung menabrak kapal nelayan tersebut," ungkapnya.

Setelah dievakuasi, 3 nelayan tersebut dibawa ke Balai Pengobatan Lanal Tanjungbalai Karimun untuk pemeriksaan kesehatan. Sedangkan kapal nelayan yang ditabrak tersebut tenggelam, dan tugboat yang menambrak saat ini masih dalam proses pengejaran.

"Setelah kita evakuasi korban sudah kita bawa ke Balai Pengobatan Lanal Tanjungbalai Karimun untuk mendapatkan perawatan, dan kapal tugboat yang kabur masih dalam pengejaran," ujarnya.

Editor: Yudha