Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

6 Parpol Baru Lolos Verifikasi di Batam
Oleh : Ocep/Dodo
Kamis | 10-11-2011 | 17:28 WIB
bendera_parpol.JPG Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Sebanyak enam partai politik baru telah dinyatakan lulus proses verifikasi oleh Pemerintah Kota Batam karena telah memenuhi persyaratan, khususnya keberadaan kepengurusan di sebagian kecamatan yang ada di kota ini.

Kepala Kantor Kesatuan, Kebangsaan, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kota Batam Pebrialin mengatakan belum lama ini pihaknya sudah menyelesaikan proses verifikasi terhadap partai politik baru yang melebarkan organisasinya di Batam.

"Sudah ada enam partai baru yang sudah mendirikan organisasinya di Kota Batam," ujarnya hari ini, Kamis (10/11/2011).

Meskipun tidak dapat menyebutkan satu persatu, namun dia mengungkapkan dari keenam parpol baru tersebut diantaranya Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Serikat Rakyat Independen (SRI) dan Partai Kongres.

Partai Kongres, kata Pebrialin, sebenarnya sudah diverifikasi oleh Kantor Kesbangpolimas Batam sebelum Pemilu 2009, namun karena urung menjadi peserta Pemilu lalu, partai ini harus diverifikasi kembali untuk menjadi peserta di Pemilu selanjutnya.

Dijelaskannya, Kantor Kesbangpolimas Kota Batam sudah memverifikasi keberadaan keenam partai tersebut hingga ke tingkat kecamatan.

Dimana dalam UU Partai Politik terbaru mengatur bahwa salah satu syarat parpol untuk dapat menjadi peserta Pemilu adalah memiliki kepengurusan di 50 persen kecamatan yang ada di kabupaten/kota.

"Kalau di Batam ini ada 12 kecamatan, berarti kepengurusan mereka ada di enam kecamatan," sambung Pebrialin.

Dan Kantor Kesbanglimas Kota Batam, lanjutnya, sudah mengeluarkan hasil verifikasi kepada keenam parpol baru itu karena mereka sudah memenuhi persyaratan tersebut.

Bahkan ada diantara keenam partai baru itu yang memiliki kepengurusan di setiap kecamatan yang ada di Kota Batam.

"Tetapi saat ini masih tahap verifikasi oleh Kementerian Hukum dan HAM, jadi Kesbanglimas Batam belum tahu apakah keenam parpol itu lolos menjadi peserta Pemilu 2014 atau tidak," kata Pebrialin.