Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepergok Curi Motor di Setokok, Rido Babak Belur Dihajar Massa
Oleh : Yosri Nofriadi
Minggu | 09-07-2017 | 16:03 WIB
ridho-01.gif Honda-Batam
Rido (18) babak belur dihakimi massa lantaran kepergok mencuri motor di Setokok RT 02 RW 02 Jembatan IV Pulau Bulang, Kecamatan Galang (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang remaja bernama Rido (18) babak belur dihakimi massa lantaran kepergok mencuri motor di RT 02/RW 02 Kelurahan Setokok, Kecamatan Galang, bersama temannya. Namun, teman Rido berhasil melarikan diri dari amukan warga, Sabtu (8/7/2017) sekitar pukul 17.00 WIB.

Kasmo (31) pemilik motor megaku, kejadian tersebut bermula ketika dia memakirkan sepada motor Suzuki Satria Fu BP 6917 HG di halaman rumahnya. Kemudian duo orang pelaku datang menghampiri sepeda motor tersebut dan langsung mebobolnya. Setelah sepeda motor itu berhasil dibobol. Kedua pelaku langsung membawa kabur.

Namun suara mesin motor itu kedagaran oleh Kasmo. Dia pun langsung keluar rumah untuk memastikan. Teryata sepeda motor pinjaman itu telah dilarikan oleh dua orang menuju Jembatan I Barelang.

"Mereka datang satu motor, yang mengambil satu orang dan satunya lagi menunggu diatas motor," ujar Kasmo ke BATAMTODAY.COM di Polsek Batuaji

Setelah itu, Kasmo langsung menelpon pemilik motor Jainal Mukhlisin, untuk memberi tahu jika, sepeda motor yang dipinjamnya itu dicuri orang. Kasmo juga memberitahu ciri-ciri pelaku.

"Mereka lari ke arah Jembatan I Barelang. Saya tidak punya kendaraan untuk mengejar mereka," ujarnya lagi.

Mengetahui sepeda motornya dicuri, Jainal langsung mengambil kunci mobil pick-upnya untuk mengahadang dua pelaku di tikungan sebelum Jembatan 3 Barelang.

Tidak lama setelah itu, dua pelaku yang sudah ditunggu-tunggu akhirnya muncul dengan cepat. Jainal yang sudah menunggu untuk menangkap dua pelaku langsung mengejarnya dari belakang. Satu orang pelaku Rido yang mengendarai sepeda motor Yamaha Vega R BP 5089 EP ditabraknya dan masuk parit dan berhasil ditangkap. Namun satu orang pelaku yang membawa motor Suzuki Satria Fu curian berhasil kabur.

"Satu orang pelaku yang membawa motor yang dicuri berhasil kabur," ujar Kasmo dengan kesal.

Setelah ditangkap, Ridho pun menjadi bulan-bulanan warga. Untungnya Polisi Polsek Batuaji yang mendapat laporan warga segera turun ke lokasi dan langsung mengamankan pelaku. Bahkan, akibat menerima beberapa pukulan di dari warga Ridho akhirnya buang air besar (BAB) di celana panjanganya.

"Apa yang bau nih? kamu berak ya? kata salah satu anggota polasi Polsek BatuAji. Ya Pak saya ngak tahan lagi. Pastasan dari tau bau," ujar anggota Polsek Batuaji.

Ridho yang sempat digiring ke Polsek Batuaji. Namun karena lokasi kejadinya di wilayah hukum Polsek Galang, Polsek Batuaji menyerahkan proses hukum kasus tersebut ke Polsek Galang.

"Kita hanya mengamnkan pelaku dari amukan warga," ujar Rasmen.

Sementara Kapolsek Galang, AKP Heri S membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurutnya, pelaku sudah kerap mencuri motor. Hingga saat ini, Polsek Galang masih melakukan pencarian terhadap teman pelaku yang berhasil kabir

"Dia masih banyak bohongnya. Saat ini kita masih kembangkan," ujar Heri singkat.

Editor: Surya