Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Perusahan Tertarik Bagun FBO di Badara Hang Nadim Batam
Oleh : Hadli
Kamis | 06-07-2017 | 09:26 WIB
FBO-01.gif Honda-Batam
Ilustrasi fix based operation (FBO) di Riga International Airport. (tandlonline.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bandara Internasional Hang Nadim Batam dilirik dua perusahaan perawatan dan pemeliharaan pesawat jet pribadi.

"Sejauh ini Sudah ada dua pihak yang menawarkan ke kita (Otoritas Bandara) untuk membangun fix based operation (FBO) bagi pesawat pribadi," kata General Marketing Badan Usaha Bandara Hang Nadim Batam, Dendi Gustinandar, Rabu (05/07/2017).

Bisnis tersebut, katanya memang sedang mengalami perkembangan dalam industri dunia penerbangan. Batam dilirik karena biaya perawatan dan pemeliharaan pesawat jet pribadi di Bandara Seletar Singapura makin tinggi.

"Saat ini tawaran tersebut masih kami kaji. karena kita perlu mengetahui prores dari bisnis tersebut," tuturnya.

Dua perusahaan yang tengah melirik Batam sebagai pusat perawatan dan pemeliharaan pesawat jet pribadi berasal dari Singapura dan Indoensia sendiri.

Terpisah, General Manager Badan Usaha Bandara Hang Nadim, Suwarso menambahkan, Otoritas Bandara Hang Nadim siap bila rencana pembangunan lokasi terminal bagi pesawat jet pribadi itu terealisasi.

"Karena di Seletar cukup mahal, jadi mereka mau melarikan ke Hang Nadim. Hang Nadim siap menyediakan lahannya," ujarnya.

Fix Based Operation merupakan fasilitas terminal bagi pesawat jet pribadi. Mulai dari lokasi parkir, jasa pemeliharaan, perawatan, hanggar, pengisian bahan bakar hingga lounge.

Editor: Gokli