Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PPDB di Tanjungpinang, Usaha Fotocopy Ketiban Untung
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 03-07-2017 | 12:38 WIB
fotocopy-bejubel1.gif Honda-Batam
Salah satu tempat fotocopy di Tanjungpinang yang padat karena PPDB. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Musim penerimaan peserta didik baru (PPDB) ternyata berdampak pada meningkatnya omset bisnis fotocopy di Kota Tanjunginang.

Banyaknya persyaratan administrasi yang diminta sejumlah sekolah dalam PPDB tahun ini membuat toko fotocopy di Tanjungpinang panen pesanan.

Pantauan BATAMTODAY.COM, puluhan siswa dan orang tua murid ?yang akan mendaftar siswa baru di Tanjungpinang terlihat antri dan berjubel di sejumlah toko buku pemilik mesin fotocopy di Tanjungpinang.

Seperti di Toko Buku HDS Jalan Tugu Pahlawan Tanjungpinang, puluhan siswa dan orang tua murid terlihat antri untuk menggandakan ijazah, SHUN, Kartu Nomor Induk Siswa Nasional, surat Keterangan, KTP dan KK orang tua, surat berkelakuan baik dari sekolah asal serta fotocopy raport semester 1, 3 dan 5.

"Penerimaan siswa baru tahun ini makin ribet, sudah seperti pelaksanaan pemilihan kepala daerah atau melamar PNS. Semua diminta?, hingga membuat kita orang tua bingung," ujar Murali salah seorang wali murid yang mendaftarkan anaknya di SMK 1 Tanjungpinang, Senin (3/7/2017).

Sementara itu, Adi petugas fotocopy mengaku banyaknya orang tua dan siswa yang fotocopy sudah terjadi sejak pagi hari.

"Ini kan hari pertama masuk kerja dan penerimaan siswa baru, hingga wajar aja dari pagi banyak orang tua dan siswa yang fotocopy," ujarnya.

Kendati berjubel, Adi mengaku tidak menarikkan tarif fotocopy.

Editor: Yudha