Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Obama Pesan Menu Senilai Rp 3 Juta di Restoran Jogja Ini
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 30-06-2017 | 08:50 WIB
obama_di_yogya.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga mengunjungi objek wisata candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/7). (Foto: Republika/Nico Kurnia jati)

BATAMTODAY.COM, Yogyakarta - Pemilik Sasanti Resto Jogja tak menduga dikunjungi mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga untuk makan malam di restoran yang berada di Jalan Palagan Tentara Pelajar KM 8 Yogyakarta itu pada Kamis malam (29/6). Pemilik Sasanti Resto, Emmy Pratiwi saat ditemui seusai menerima kunjungan Obama mengaku tidak menduga bakal kedatangan mantan Presiden ke-44 Amerika Serikat itu.

 

"Jam lima sore baru ada kabar kalau beliau mau makan di sini dan jam enam baru fix booking di sini ," kata Emmy di Yogyakarta, Kamis (29/6) malam.

Obama, kata Emmy, tiba di restoran miliknya pukul 19.30 WIB bersama istri Michelle Obama, dua putrinya Malia dan Natasha, serta adiknya Maya Soetoro sekeluarga. Mereka tidak memesan menu dan pelayanan khusus layaknya tamu VVIP, melainkan menu restoran biasa dengan harga total menu yang dipesan mencapai Rp3 juta.

"Mereka ingin dilayani sebiasa mungkin dengan suasana kekeluargaan. Mereka juga memilih setting meja biasa tanpa lapak. Kalau meja VVIP biasanya kita dekorasi dulu, ini mereka tidak mau," kata dia.

Menurut Emmy, menu yang dipesan Obama adalah nasi campur nusantara serta tahu, tempe. Nasi Nusantara dihidangkan seperti nasi tumpeng yang terdiri atas nasi merah, kuning dan putih dengan dikelilingi beragam lauk khas Bali, Sulawesi, Padang dan Jawa.

Sedangkan Michelle Obama memesan nasi goreng kapung yang merupakan nasi goreng biasa yang dihidangkan dengan campuran cabai, bawang merah, ayam, kerupuk dan telur. Sementara kedua puterinya memesan chicken salad dan dill chicken salad. "Ini benar-benar menu biasa. Tadi di meja Obama juga ada yang memesan satu cangkir kopi tubruk," kata dia.

Head Service Sasanti Resto Annas Irfani mengatakan sebelum hidangan disajikan tidak ada pengecekan keamanan masakan terlebih dahulu dari pihak tim keamanan Obama. Padahal untuk pejabat-pejabat VVIP lainnya, menurut Annas biasanya menyertakan tim dari BPOM untuk mengecek keamanan dan kesehatan makanan. "Tidak ada pengecekan, malah dapur kami baru dicek setelah mereka selesai makan," kata dia.

Selain Obama, menurut dia, sebelumnya Sasanti Resto memang kerap menerima kunjungan tamu-tamu VVIP, di antaranya Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Susilo Bambang Yudoyono, Gus Dur, serta BJ Habibie. "Katanya pihak Obama meminta rekomendasi restoran dari pihak hotel tempatnya menginap yang merekomendasikan Sasanti. Kami memang mengangkat menu-menu khas nusantara," kata dia.

Obama dan keluarga kembali menuju tempat penginapan di Hotel Tentrem pukul 20.15 WIB dengan pengawalan ketat. Setelah selesai berlibur di Yogyakarta, Obama dijadwalkan bertolak menuju Bogor, Jawa Barat pada hari ini, Jumat (30/6) untuk bertemu Presiden Joko Widodo.

Sumber: Antara
Editor: Dardani