Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Pulau Jemare Galang Masih Gunakan Genset untuk Kebutuhan Listrik
Oleh : CR-15
Kamis | 29-06-2017 | 14:26 WIB
aktifitas-pulau-jemare1.gif Honda-Batam
Aktifitas pemuda Pulau Jemare mengisi waktu luang. (Foto: CR-15)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pulau Jemare adalah pulau yang terletak di kelurahan Subang Mas, kecamatan Galang, kota Batam. Pulau yang di huni kurang dari 300 orang ini masih memakai mesin genset untuk memenuhi kebutuhan listrik para penduduknya.

Ketua RT Pulau Jemare, Jali menuturkan, listrik di Jemare ini hanya hidup sejak pukul 19.00 wib hingga pukul 00.00 wib.

"Satu rumah dipungut biaya listrik sebesar Rp 3 ribu per hari. Biaya tersebut memang sudah ditetapkan oleh sang pemilik jenset sebagai operasional," terangnya, Kamis (29/6/17).

Rumah warga disini pun tak dilengkapi dengan kamar mandi maupun toilet. Warga disini melakukan aktifitas mandi serta mencuci baju di sumur umum. "Yang memiliki toilet hanya rumah yang berada di pelantar laut," ujar Jali.

Seman, salah seorang warga pulau Jemare mengatakan disana hanya tersedia 2 warung saja untuk memenuhi kebutuhan pangan seperti bumbu dapur atau jajanan. Luas daerah pulau Jemara yang dihuni mungkin hanya sekitar 1,5 km saja. Jadi warga disini semua melakukan aktifitas dengan berjalan kaki.

"Dulu disini tidak ada warga yang memiliki kendaraan. Namun baru-baru ini sudah ada 2 warga yang memiliki kendaraan bermotor," ungkapnya

Di pulau ini, binatang seperti monyet dan lutung masih bebas berkeliaran dari pohon ke pohon.

"Suasana disini sangat sunyi apalagi diwaktu malam. Warga disini sangat suka berkumpul pada sore hari. Biasanya warga melakukan kegiatan bersama seperti bermain bola takraw dan bola voli," tambahnya.

Editor: Yudha