Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cuaca Buruk, Syahbandar Tunda Keberangkatan Tiga Kapal dari PDS
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 29-06-2017 | 14:16 WIB
Pelabuhan-Domestik-Sekupang2.gif Honda-Batam
Pelabuhan Domestik Sekupang. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hujan disertai angin kencang membuat aktifitas trasportasi laut di Pelabuhan Domestik Sekupang kembali terkendala. Tiga kapal terpaksa tidak diberangkatkan meski para penumpang sudah memadati pelabuhan.

 

"Ada tiga kapal yang kami tunda keberangkatan dari jadwal berangkat pukul 11.30 Wib, karena cuaca buruk. Sampai sekarang belum kami berangkatkan," ujar Kepala Pos Syahbnadar PDS Deny Cahyadi, Kamis (29/6/2017).

Kata Deny, tiga kapal itu terdiri dari Batam Jet tujuan Tanjungbalai Karimun dan Moro, Tenggiri 5 tujuan Moro dan Dumai Express tujuan Tanjungbalai Karimun. Meskipun sudah dilakukan penundaan kapal lebih dari satu jam, ia mengaku tetap mementingkan keselamatan penumpang.

Cuaca gelap, angin kencang disertai jarak pandang membuat tiga kapal feri tidak diberangkatkan. Namun demikian para penumpang saat ini sudah mulai masuk kapal ferry mengingat cuaca sudah mulai membaik.

"Para penumpang sudah kami izinkan masuk kapal. Kami akan izinkan apabila sudah memungkinkan kapal untuk berlayar," katanya.

Ia berharap kapal-kapal yang sudah diberangkatkan khususnya kapten kapal harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat berlayar. Kurangi kecepatan kapal saat hujan dan angin kencang melanda perairan.

Apabila diperjalanan cuaca buruk agar nakhoda kapal tidak memaksakan pelayaran dan berlindung di pulau terdekat atau kembali ke Pelabuhan Sekupang.

"Kami terus tekankan kepada kapten kapal tetap berkordinasi dengan Syahbandar dipelabuhan dengan selalu menginformasikan keadaan cuaca di perairan," pungkasnya.

Editor: Yudha