Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antrean Kendaraan di Pelabuhan ASDP Tanjunguban Mengular
Oleh : CR-15
Rabu | 28-06-2017 | 17:02 WIB
antrean-di-ASDP-Tanjunguban.gif Honda-Batam
Antrean kendaraan di pintu masuk pelabuhan ASDP Tanjunguban (Foto: CR-15)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Arus balik mudik Lebaran sudah mulai terjadi sejak H+2 yang lalu. Bahkan, hingga H+4 saat ini, arus balik terus meningkat di Pelabuhan ASDP Tanjunguban.

Antrean kendaraan roda 4 mulai memadati sepanjang jalan dari Masjid At-Taqwa Tanjunguban hingga Pelabuhan ASDP.

"Antrean ini terjadi kurang lebih 350 meter. Dan kemungkinan antrean akan terus bertambah hingga pukul 17.00 wib nanti," ungkap Anjar Yagota, Kasat Lantas Bintan.

Anis Adinizam, General Manager (GM) ASDP mengatakan, arus balik sudah mulai terasa sejak 2 hari lalu. Peningkatan penumpang pun mulai terjadi sejak tadi malam.

"Tadi malam ada penambahan layanan trip hingga jam 10 malam dengan total 16 trip dari Tanjunguban ke Batam dan sebaliknya. Biasanya hanya 10 trip dalam sehari," ungkapnya, Rabu (28/6/17).

Menurutnya, hari ini kemungkinan akan ada penambahan trip lagi, melihat kondisi antrean kendaraan yang panjang.

"Semalam peningkatan kendaraan roda dua naik 4 persen dibanding H+4 lebaran tahun lalu, dengan jumlah 1.166 motor. Sementara kendaraan roda 4 naik 6 persen dengan jumlah 460 mobil," tutur Anis.

Ia menambahkan, untuk saat ini belum ada penambahan kapal. Yang dimaksimalkan adalah mempercepat aktivitas bongkar muat yang biasanya 1,5 jam, dipercepat menjadi 1 jam atau jika memungkinkan 45 menit saja.

"Kami mengimbau untuk para pengguna jasa agar selalu menjaga ketertiban baik di pelabuhan maupun di atas kapal. Kami juga meminta para penumpang agar patuh saat diatur petugas kapal untuk kenyamanan kita bersama. Dan tentunya keselamatan merupakan prioritas utama kita," imbuhnya.

Editor: Udin