Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiba di Yogjakarta, Ini 4 Tempat yang Bakal Dikunjungi Obama
Oleh : Redaksi
Rabu | 28-06-2017 | 13:50 WIB
bacark-obama11.gif Honda-Batam

PKP Developer

Barack Obama dan putrinya. (Foto: Tribun Manado)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Mudik mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama terlihat asyik betul. Setelah tetirah dengan mengeksplorasi Bali, kini dia ingin menjelajahi wisata di Yogyakarta.

Di Yogyakarta, Obama dan istrinya Michelle rencananya akan mengunjungi tempat-tempat eksotis. Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta, Rabu 28 Juni 2017 menuturkan, informasi yang diterima pihaknya menyebutkan Obama akan take off pukul 12.30 WITA dari Bandara Ngurah Rai Bali menuju Yogyakarta. Rombongan diperkirakan tiba sekitar pukul 12.30 WIB tiba di Base Ops Bandara TNI AU dan disambut Gubernur DIY.

Raja Keraton sekaligus Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X rencananya akan menyambut langsung lawatan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Yogyakarta, Rabu 28 Juni 2017. Obama akan membawa 14 orang rombongan, termasuk sang istri Michelle Obama dan saudaranya Maya Soetoro, untuk berlibur di Indonesia

Barack Obama akan berlibur di Yogyakarta pada 28-30 Juni 2017. Adapun destinasi yang informasimya sudah pasti dikunjungi mantan presiden Amerika ke 44 itu yakni Candi Prambanan, Taman Tebing Breksi, Keraton Yogyakarta, dan Candi Borobudur.

"Dari informasi yang saya terima beliau (Obama) akan disambut langsung Gubernur DIY, Pangdam IV Diponegoro, Kapolda DIY dan Danrem DIY saat tiba Yogyakarta," ujar Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta, Rabu 28 Juni 2017.

Dari bandara rombongan Obama langsung menuju Hotel Tentrem Jalan AM Sangaji No 72 A Cokrodiningratan Jetis Yogyakarta atau utara Tugu Yogyakarta.

Inilah Destinasi yang akan Dikunjungi Obama:

1. Candi Prambanan
Candi ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Dibangun pada abad ke-9 Masehi. Pada 1991, UNESCO menetapkan candi yang terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman dan Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten ini menjadi warisan dunia. Candi ini terletak 17 kilometer dari kota Yogyakarta.

Menurut prasasti Siwagrha, candi dengan tinggi 47 meter ini mulai dibangun pada sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan, dan terus dikembangkan dan diperluas pada masa kerajaan Medang Mataram. Candi ini ditemukan pada tahun 1733, candi oleh CA. Lons seorang berkebangsaan Belanda.

2. Taman Tebing Breksi
Tebing Breksi ini adalah lokasi bekas tambang batu breksi yang sedang hit di Yogya. Tebing Breksi ini berlokasi di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sejak Mei 2015, Sri Sultan Hamengku Buwono X menandatangani prasasti yang menyebutkan Taman Tebing Breksi sebagai lokasi cagar budaya, bukit kapur ini pun berubah jadi tempat wisata. Batu kapur yang merupakan endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran ini pun jadi buruang untuk wisata dan swafoto. Tebing ini kian cantik karena dindingnya dipahat oleh seniman-seniman gitu.

3. Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta mulai didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I beberapa bulan pasca Perjanjian Giyanti pada tahun 1755. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

Secara fisik istana para Sultan Yogyakarta memiliki tujuh kompleks inti yaitu Siti Hinggil Ler (Balairung Utara), Kamandhungan Ler (Kamandhungan Utara), Sri Manganti, Kedhaton, Kamagangan, Kamandhungan Kidul (Kamandhungan Selatan), dan Siti Hinggil Kidul (Balairung Selatan).

4. Borobudur
Siapa yang tak kenal dengan candi Buddha terbesar di Indonesia. Dibangun sejak 770 Masehi dan diperkirakan rampung pada 825 Masehi. Candi ini luas dasarnya 123 x 123 meter, tinggi kini 35 meter.

Tokoh-tokoh dunia seperti eks bos Microsoft Bill Gates, bos Facebook Mark Zuckerberg mengunjungi candi ini saat ke Indonesia. Zuckerberg bahkan berburu matahari terbit dari Puncak Purwosari. Saat itu, sinar matahari akan menghasilkan siluet Candi Borobudur yang indah.

Mudik Lebaran bagi Obama kali ini benar-benar diisi dengan jalan-jalan yang menyenangkan.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha