Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

H-1 Lebaran, Warga Serbu Kios Penjual Santan dan Bumbu Masakan
Oleh : CR-15
Sabtu | 24-06-2017 | 13:26 WIB
kios-santan1.gif Honda-Batam
Salah satu kios penjual santan dan bumbu masakan di Tanjunguban. (Foto: CR-15)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Sehari jelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H, kios penjual santan dan penjual ragam bumbu masakan di Tanjunguban, salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi pembeli.

Santan memang sangat dicari para ibu rumah tangga menjelang lebaran karena dibutuhkan untuk membuat makanan khas lebaran seperti opor ayam, rendang, ayam gulai dan yang lainnya sehingga para ibu rumah tangga ini pun rela mengantri demi membeli santan.

"Memang setiap tahunnya pada H-1 jelang lebaran seperti ini antrian pembeli selalu panjang. Saya sendiri sudah 10 menit mengantri," jelas Ema, salah seorang pembeli santan, Sabtu (24/6/17).

Ia mengatakan, santan merupakan komponen penting di saat lebaran. "Saya beli santan untuk membuat opor ayam dan rendang untuk lauk ketupat. Ya kalau lebaran memang tradisi nya selalu seperti ini," ungkapnya.

Ema menambahkan, selain santan pembelian bumbu halus pun juga turut mengantri.

"Sebelumnya saya membeli bumbu halus dan harus mengantri juga. Kalau pakai bumbu halus lebih praktis, karena sudah ditakar sama penjual. Jadi tidak perlu giling atau blender lagi," imbuhnya.

Hal tersebut ditambahkan oleh Kamaria, menurutnya karena hari ini terakhir puasa di bulan Ramadhan 1438 H. Maka semua ibu rumah tangga, sangat antusias mempersiapkan seluruh kebutuhan hari lebaran.

"Kalau di penghujung puasa, jelas semua terfokus persiapan lebaran, baik mempersiapkan ragam makanan, minuman. Untuk kebutuhan keluarga serta para tamu, karena di hari raya tradisi siratullrami saling menyambangi atau berkunjung. Sangat identik di daerah ini," imbuhnya.

Editor: Yudha