Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BNI Terima Penukaran Uang Rusak dengan Uang Baru
Oleh : Suci Ramadhani
Rabu | 21-06-2017 | 13:02 WIB
BNI-SP11.gif Honda-Batam
Pemimpin PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Kantor Kas SP Plaza Yulhetris. (Foto: Suci)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Kas SP Plaza menerima penukaran uang rusak dan akan diganti dengan uang baru, tapi harus sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia.

Pemimpin BNI Kantor kas SP Plaza, Yulhetris menjelaskan penukaran uang rusak ini sudah lama dan sejauh ini uang yang terkumpul dibawah 1 juta, karena uang yang ditukarkan nasabah enggak terlalu banyak palingan satu lembar.

"Penukaran uang rusak ini, memiliki ciri-ciri tersendiri nomor serinya harus nampak dan kerusakan pada lembar kertas 3/4 persen. Kamipun memberikan ke BI dan apa bila BI terima dan menggantinya langsung dengan uang baru," Katanya Pada Rabu,(21/6/2017).

BNI tidak bisa langsung mengganti uang rusak tersebut Nasabah mitipkannya dan nantik akan di hubungi nasabah tersebut untuk uang penggantian baru, keputusan tidak bisa diambil oleh BNI melainkan Bank Indonesia.

"Kami hanya menerima, dan kami memproses ke BI apakah uang itu bisa ditukar atau tidak, kemaren ada kami melakukan penukaran uang rusak sebanyak 800 lembar dan ada sebagian uang di balikkan dan tidak bisa ditukar," ujarnya.

Sejauh ini Bank masih bekerjasama dengan BI dalam penukaran uang rusak. Bank Umum membantu menerima dari nasabah untuk meringankan nasabah tersebut, dan proses uang itu diputuskan oleh BI. Bank umum hanya bisa menerima dan memberikan ke BI.

Editor: Yudha