Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Honda Accord Terbaru Bikin Panas Persaingan Mesin Turbo
Oleh : Redaksi
Sabtu | 17-06-2017 | 13:50 WIB
Civic1.gif Honda-Batam
Honda Civic Hatchback Turbo. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Penyegaran mobil di segmen sedan tidak hanya diberikan oleh pabrikan asal Jepang, Honda kepada Civic. Tahun depan, model anyar Honda Accord akan hadir dengan tampilan baru, hingga ubahan kepada mesinnya.

Dalam pemberitaannya, AutomotiveNews menyebutkan Accord terbaru akan mengikuti tren global. Yang mana kini, pabrikan otomotif lebih memilih bermain pada mesin kecil, namun untuk daya gedor lebih mesin disusupi turbo.

Honda telah merinci ubahan apa yang diberikan kepada mobilnya itu. Termasuk nama akan mesin turbocharge, untuk menggantikan mesin V6 yang dihapus. Karena, untuk mesin terendah produsen membekali mobil tersebut dengan mesin 1,5L empat slinder, serta dikawinkan bersama transmisi CVT atau gearbox enam percepatan.

Otomatis, dengan pilihan mesin itu sebagian besar akan menyerupai dapur pacu kepunyaan Honda Civic Type R. Dalam versi teratas, transmisi memiliki 10 percepatan dan yang pertama dalam industri otomotif di segmen sedan seperti Accord. Sedangkan mesinnya, 2.0L empat slinder dengan turbo.

Produsen belum mengungkapkan, terkait efisiensi bahan bakar dan tenaga yang dihasilkan dari mesin milik Accordnya. Tetapi bila melihat dari garis pada Civic dan CR-V yang memiliki mesin serupa, tenaganya dapat mencapai 206 tenaga kuda. Pada versi teratas, atau seperti Type R semburan tenaga hingga 306 hp.

Untuk kedua model dalam Accord terbaru dipastikan akan dirakit di Amerika Serikat. Sementara, dua motor hybrid pada Accord juga dapat memperoleh update.

"Seperti halnya Honda Civic baru yang menyuntikkan energi baru ke dalam segmen mobil kompak, kami berharap Accord 2018 yang baru ini akan membuat orang memikirkan kembali sedan kelas menengah," kata General Manager Honda Motor Jeff Conrad dalam sebuah pernyataan resminya pekan ini.

Seperti Toyota Camry yang didesain ulang akan segera dijual, dan kemudian disusul Honda dengan meluncurkan Accord ke pasar sedan kelas menengah.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha