Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tamatan SMP di Bintan Lebih Dominan Pilih Lanjutkan Sekolah di Tanjungpinang
Oleh : Syajarul Rusydy
Selasa | 13-06-2017 | 17:02 WIB
terima-amplop-kelulusan.gif Honda-Batam
Wali kelas SMPN 1 Bintan saat membagikan surat kelulusan UN beberapa waktu lalu (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Meski Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat cukup memadai di Bintan, namun siswa-siswi yang baru saja menyelesaikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sedrajat di Kecamatan Bintan Timur (Bintim), masih ada yang ingin meneruskan ke jenjang berikutnya dengan memilih bersekolah di luar Bintan, seperti Tanjungpinang.

"Sebelumnya kita juga sudah pernah bertanya kepada murid-murid kita, akan melanjutkan ke mana setelah ini. Tidak sedikit dari mereka yang menjawab, untuk memilih SMA atau SMK di Tanjungpinang," beber Kepala Sekolah SMPN 1 Bintan, Siti Rohan, Selasa (13/6/2017).

Namun, Siti sangat berharap, SMA/SMK di Bintan tetap diminati lulusan SMP/MTS Bintan sendiri. Sehingga sekolah sekolah di Bintan mampu bersaing dengan sekolah sekolah lain. Meski demikian, sekolah tak pernah memaksa siswanya mau ke mana, sebab melanjutkan jenjang SMA/SMK sepenuhnya hak siswa.

"Kadang kadang anak-anak (siswa-red) kita ini banyak yang mau ke Tanjungpinang. Kita juga heran, kenapa harus ke Pinang, kita di Bintan banyak juga SMA dan SMK, gak kalah juga dengan di Pinang," kata Siti.

Untuk persentase lulusan siswa di sekolah yang dipimpinnya itu guna melanjutkan jenjang SMA/SMK terus meningkat setiap tahun. Hal ini cukup membanggakan, sebab menandakan kesadaran anak didiknya terhadap pendidikan makin baik.

"Kalau sekolah tidak pernah mengarahkan, sekolah ada namanya guru BK, paling guru BK itu melakukan pembimbingan, bagaimana agar di sekolah baru nanti yang mereka pilih bisa tetap beprestasi. Tidak ada namanya oh kamu harus masuk ke sini, itu hak anak-anak mau ke mana mereka," ujar Siti.

Saat ini, sejumlah sekolah SMA/SMK di Bintan telah membuka penerimaan peserta didik baru. Ada berapa jalur penerimaan siswa dibuka sejumlah SMA di Bintan. Di SMA Negeri 1 Teluk Bintan misalnya, ada dua jalur penerimaan dibuka, jalur unggulan (prestasi akademik dan non akademik) dan jalur reguler (biasa).

Editor: Udin