Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Tanjungpinang Targetkan 15 Ribu Paket Sembako dari BUMN
Oleh : Habibi Khasim
Selasa | 13-06-2017 | 11:44 WIB
sembako-Lis-01.gif Honda-Batam
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah membagikan paket sembako kepada masyarakat Kelurahan Tanjung Unggat. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Sosial beberapa hari belakangan gencar membagikan sembako gratis kepada masyarakat yang termasuk dalam rumah tangga sasaran (RTS). Se-Tanjungpinang ada sekitar 10.196 paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat di 18 Kelurahan.

Namun, menurut Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah ini belum cukup, karena jumlah masyarakat di Tanjungpinang ratusan ribu. Untuk itu, agar pembagian dapat benar-benar merata, Pemerintah Kota Tanjungpinang menargetkan BUMN yang ada di Tanjungpinang menyumbang sekitar 15 ribu paket lagi.

Lis mengatakan, Pemko Tanjungpinang telah melakukan rapat bersama BUMN yang ada, seperti BPJS, Perbankan, Perlindo I, Angkasa Pura serta Pertamina, untuk membahas tentang teknis penyaluran bantuan kepada masyarakat. Menurut Lis, BUMN tersebut sangat antusias sekali membantu masyarakat.

"Mereka sangat antusias sekali, kita akan dapat banyak lagi bantuan sembako dari mereka. Kita targetkan dapat 15 ribu paket, bahkan kalau bisa lebih ya kita harapkan lebih," tutur Lis saat diwawancarai, Selasa (13/6/2017).

Akan tetapi, antusias para BUMN tersebut belum capai kata final, karena baru sekali melakukan rapat bersama Pemko Tanjungpinang. Namun, Lis yakin, seluruh BUMN akan bekerja sama dan banyak memberikan bantuan kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Tanjungpinang, Juramadi Esram mengatakan bahwa bantuan yang akan diberikan oleh BUMN tersebut akan disalurkan ke seluruh Tanjungpinang. Akan tetapi juga harus mengikuti peruntukan dari pihak yang memberikan bantuan.

"Kita tetap memberikan masukan dan saran, kita juga bantu mendistribusikan dan memfasilitasi mereka untuk bertemu masyarakat. Namun lokasinya ya sesuai dengan keinginan mereka," tutur Juramadi saat dihubungi, Selasa (13/6/2017).

Juramadi membenarkan bahwa target Pemko Tanjungpinang ada sekitar 15 ribu paket sembako yang di backup oleh BUMN untuk masyarakat. Pembagiannya sendiri akan dilakukan seminggu sebelum lebaran, karena saat ini masih melakukan rapat finalisasi.

"Target kita sekitar 15 ribu paket lebih dari BUMN ini untuk dibagikan kepada seluruh masyarakat. Masalah pembagian belum dapat dipastikan, karena baru lakukan rapat perdana. Kemungkinan besar akan dibagikan jelang lebaran," tutur Juramadi.

Terkait BUMN yang masuk dalam usaha perbankan, Juramadi mengatakan, Pemko Tanjungpinang dibantu oleh General Manager Bank Indonesia untuk melakukan lobi-lobi agar pihak Bank seperti Mandiri, BTN, BNI, BRI dan Bank lainnya dapat membantu dan berkontribusi banyak dalam bantuan sembako tersebut.

Editor: Gokli