Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hasil SBMPTN Sudah Bisa Diakses Lewat Website Ini
Oleh : Redaksi
Selasa | 13-06-2017 | 10:15 WIB
sbmptn-01.gif Honda-Batam
SBMPTN di Fakultas Kedokteran UNAIR. (Foto: Defrina Sukma/unair.ac.id)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kalau kamu adalah peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), hari ini, Selasa (13/6/2017), adalah pengumumannya. Kamu bisa mengecek apakah kamu lulus di beberapa website.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir mengatakan tahun ini ada peningkatan peserta SBMPTN dan yang lulus lebih banyak pula dari tahun lalu.

"Sebanyak 148.066 peserta atau sekitar 14,36 persen dari 797.738 pendaftar SBMPTN 2017 dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa baru di 85 PTN," ujar Menteri Nasir.

Untuk mengecek hasil seleksimu, kamu bisa mengakses http:/pengumuman.sbmptn.ac.id.

Tapi, kamu juga bisa melihat di website PTN masing-masing atau bisa juga dilihat pada laman mirror di 12 PTN sebagai berikut:
1. http://sbmptn.ui.ac.id
2. http://sbmptn.itb.ac.id
3. http://sbmptn.undip.ac.id
4. http://sbmptn.its.ac.id
5. http://sbmptn.ugm.ac.id
6. http://sbmptn.ipb.ac.id
7. http://sbmptn.unair.ac.id
8. http://sbmptn.unand.ac.id
9. http://sbmptn.unsri.ac.id
10. http://sbmptn.unhas.ac.id
11. http://sbmptn.untan.ac.id
12. http://sbmptn.unsyiah.ac.id

Mekanisme pengecekannya:

1. Masukkan nomor peserta dan tanggal lahir
2. Jika kamu diterima, sistem akan menampilkan nomor peserta, nama peserta, nama PTN diterima, nama prodi diterima, ucapan
"Selamat atas keberhasilan anda".
3. Jika kamu tidak diterima akan ditampilkan nomor peserta, tanggal lahir peserta dan ucapan "Mohon maaf, peserta atas nama…, dengan nomor peserta…dinyatakan Tidak Diterima pada SBMPTN 2017".

Kalau Gagal SBMPTN

Kalau ternyata kamu gagal di SBMPTN ini, jangan khawatir. Masih ada tahapan penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Selain itu, kenapa tidak mencoba mendaftar di perguruan tinggi swasta yang diakui legalitasnya oleh pemerintah? Kamu bisa mengecek status perguruan tinggi swasta pilihanmu di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) di laman forlap.ristekdikti.go.id.

Sumber: CNNIndonesia
Editor: Gokli