Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Transaksi Pegadaian di Tarempa Menurun Selama Ramadhan
Oleh : Alfreddy Silalahi
Senin | 12-06-2017 | 14:14 WIB
pegadaian1.gif Honda-Batam
Pegadaian. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Transaksi di Pegadaian menurun drastis selama bulan ramadhan. Pasalnya, banyak masyarakat yang menebus barang jaminan untuk dikenakan selama lebaran.

"Setiap bulan transaksi pasti meningkat. Tetapi memasuki bulan lebaran dan natal, banyak nasabah yang menebus barang jaminan (emas) untuk dipakai ketika lebaran. Alasannya seperti itu," kata Sahrul, Penafsir Muda Pegadaian Unit Tarempa, Senin (12/6/2017).

Sahrul menguraikan, transaksi pegadaian menjelang lebaran turun hingga mencapai Rp 600 juta. Dia menduga, menjelang lebaran perekonomian masyarakat kembali pulih.

"Memang setiap bulan ramadhan transaksi menurun. Sesudah lebaran nanti, transaksi pasti naik lagi. Rata-rata nasabah kami berprofesi nelayan," jelasnya.

Sahrul mengakui, banyak masyarakat tidak mampu membayar bunga hingga menebus jaminan. "Kami tidak tahu apa alasannya barang jaminan tidak ditebus. Tetapi barang yang tidak ditebus itu akan kami konfirmasi ke pemilik, sebelum dilakukan pelelangan. Biasanya banyak juga barang yang dilelang, karena tidak ditebus," akunya.

Editor: Yudha