Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Lama Lagi Bintan Punya Kawasan Ekonomi Khusus
Oleh : Syajarul Rusydy
Minggu | 11-06-2017 | 17:00 WIB
Hasfarizal-Hendra-011.gif Honda-Batam
Kepada Dinas DPMPTSPTK Bintan, Hasfarizal Hendra (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Galang Batang, salah satu tempat di Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan dalam waktu yang tidak lama lagi akan segera diresmikan menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK). Nantinya, KEK Galang Batang ini diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi Bintan dan Kepri pada umumnya.

KEK Galang Batam ini direncanakan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Hanya saja, waktunya belum bisa dipastikan pemerintah Kabupaten Bintan.

"Pembentukan KEK Galang Batang ini sudah hampr rampung. Sempat ada kendala, tapi semua sudah bisa diselesaikan," kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Tenaga Kerja Bintan, Hasfarizal Handra, baru-baru ini.

KEK Galang Batang dengan luas lahan 2.246 hektar ini akan menjadi tempat pembangunan berbagai jenis industri. Diharapkan indsutri yang ada di dalam kawasan itu bisa menyerap tenaga kerja ribuan orang.

"Dengan adanya KEK ini, kita berharap para invetor tertarik untuk berinvestasi karena akan ada banyak kemudahan," kata dia.

Setelah diresmikan, KEK Galang Batang akan miliki administrator kawasan menyerupai Badan Pengusahaan Kawasan. Administrator kawasan itu mengurus segala investasi yang ada di dalam area KEK.

"Urusan mencakup berbagai hal, seperti izin ekspor impor dan kegiatan produksi. Kawasan juga dilengkapi layanan perkantoran pendukung seperti layanan Keimigrasian dan pendukung lainnya. Saya yakin KEK ini akan potensial. Kita punya wilayah strategis," jelasnya.

Editor: Gokli