Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Idul Adha, Harga Cabai Meroket
Oleh : Irwan Hirzal/Dodo
Sabtu | 05-11-2011 | 15:10 WIB
cabe_merah.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Sehari menjelang Hari Raya Idul Adha, harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Batam mengalami kenaikan cukup signifikan.

Pantauan batamtoday di Pasar Induk Jodoh mendapati harga komoditas pedas ini meroket harganya dari Rp20 ribu hingga Rp25 ribu per kilogram pada tiga hari lalu, kini bertengger di harga Rp38 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram.

"Kenaikan ini terjadi karena jelang Idul Adha dan juga musim hujan sehingga panen dan distribusi menjadi terhambat," kata Maya, salah seorang pedagang sayur di Pasar Jodoh, Sabtu (5/11/2011).

Selain cabai merah, kenaikan harga juga terjadi pada jenis cabai lainnya seperti cabai merah keriting, cabai hijau dan cabai rawit. Beberapa pedagang mengatakan merupakan hal yang biasa jika terjadi kenaikan mengingat cabai menjadi salah satu komoditi utama yang dibutuhkan saat hari raya.

Kenaikan cabai ini dengan harga yang cukup signifikan ini cukup mencengangkan kalangan ibu rumah tangga.

"Mau gak mau kami harus kurangi konsumsi cabai, kalau semua dibelanjakan untuk beli cabai nanti repot jadinya," kata Susi, seorang konsumen di Pasar Jodoh.

Meski agak sewot, ibu rumah tangga ini mengaku sudah terbiasa dengan kenaikan harga cabai ini.

Sementara itu, untuk bumbu dapur pelengkap gulai yang banyak dibutuhkan di hari raya juga mengalami kenaikan namun hanya berkisar Rp2 ribu untuk setiap rempah-rempah siap olah yang banyak dijajakan di pasar-pasar.