Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Ciri Pelumas Kadaluarsa
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 09-06-2017 | 13:02 WIB
pelumas1.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pelumas kendaraan sudah pasti menjadi produk utama yang dibutuhkan oleh pengendara. Produk ini hadir dalam berbagai merek dan spesifikasi. Namun, terdapat sebuah pertanyaan yang cukup menarik untuk disimak. Apakah pelumas memiliki masa kadaluarsa?

Menurut Totok Subagyo selaku Brand Manager Small Engine Oil PT Pertamina Lubricants, pelumas sebenarnya tak memiliki masa kadaluarsa selama penyimpanan dilakukan dengan benar. Soalnya, terdapat beberapa faktor yang dapat merusak pelumas itu sendiri jika disimpan kurang baik.

"Musuh pelumas itu ada tiga, oksigen, air dan debu atau kotoran," ucap Totok.

Oksigen sendiri akan mempengaruhi kondisi pelumas, dimana oksidasi akan mengubah wujudnya menjadi lebih kental bahkan menimbukan sebuah endapan. Begitu pula dengan air, komponen ini akan membuat pelumas yang berwarna bening akan seketika berubah menjadi seperti susu.

"Kalau debu itu juga bahaya. Apalagi kalau kotorannya mengandung silika. Karena ketika masuk ke dalam mesin, meski ukurannya kecil sekali, tapi bisa menggesek permukaan mesin," jelas Totok.

Ketiga kondisi tersebut pun bisa dijadikan patokan ketika Anda membeli pelumas. Apabila menemukan salah satu dari tiga kondisi di atas, ada baiknya Anda tidak memasukkannya ke dalam mesin, karena dapat merusak.

Sumber: Otosia.com
Editor: Yudha