Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Indonesia Bisa Maju, Syaratnya Harus Saling Percaya
Oleh : Irawan
Jum\'at | 09-06-2017 | 09:38 WIB
zulkifli-hasan-01.gif Honda-Batam
Ketua MPR, RI Zulkifli Hasan. (mpr.go.id)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua MPR, RI Zulkifli Hasan menyampaikan pentingnya rasa saling percaya dalam mewujudkan cita-cita suatu bangsa.

"Saling percaya jadi syarat agar Indonesia bisa maju. Agar energi yang gunakan untuk fokus membangun dan bekerja mewujudkan kesejahteraan," kata Zulkifli, dalam Pidato Kebangsaan di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Islam Al-Azhar, Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Untuk wujudkan rasa saling percaya, Zulkifli menekankan pentingnya keadilan berlaku untuk semua tanpa kecuali.

"Hukum harus memenuhi rasa keadilan masyarakat agar tak ada saling curiga. Bagaimanapun ketidakadilan itu bisa dirasakan," ungkapnya.

Syarat lain menjadi bangsa maju adalah menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. "Di mana pun kalau sebuah negara menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi maka ia akan maju," lanjut Zulkifli.

Faktor lainnya, disebut Zulkifli adalah dengan nilai-nilai. Nilai-nilai yang ada di Indonesia adalah Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Menurutnya, bangsa ini merdeka bertujuan untuk bersatu, berdaulat dan adil bagi semua.

"Kita bersatu dalam keragaman. Sejak dulu dan sampai sekarang keragaman adalah sumber kekuatan nasional," tutup Zulkifli.

Editor: Surya